Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Youtube Sebagai Strategi KompasTV di Era Digital

Era digital mengubah ekosistem manusia, termasuk bisnis media. Apa yang dilakukan KompasTV? Membuat channel Youtube dengan nama sama: KompasTV. Kenapa Youtube? Karena karakteristik Youtube memiliki kemiripan dalam hal konten. Televisi berbasis konten vidio, Youtube platform media sosial berbagi vidio dengan ekosistem digital global dengan pengguna aktif 2,29 miliar berdasarkan statistik yang dilansir databox.katadata.id (11/1/2022). Ada yang lebih menggiurkan, yaitu program berbagi iklan sehingga content creator berpotensi mendapatkan penghasilan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana “Youtube Sebagai Strategi KompasTV di Era Digital”. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis menggunakan pendekatan metodologi Kualitatif. Adapun sebagai pisau Analisa menggunakan Teori Ekonomi Politik Media yang dikembangkan Mosco (2009). Dalam penelitian ini, penulis menitikberatkan pada konsep Komodifikasi dengan tiga unsur: Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja. Teori pendukung lainnya adalah Ekspansi Media. Sedangkan konsep yang digunakan adalah Ekonomi Media dan Konvergensi. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian tersebut bahwa channel Youtube KompasTV adalah salah satu solusi agar KompasTV bisa eksis di era digital dan mendapatkan penghasilan tambahan dari Youtube. Penelitian ini juga mengungkap strategi KompasTV dalam sistem produksi, distribusi dan konsumsi KompasTV di era digital yang tujuan utamanya adalah mendapatkan finansial dari Youtube.

Kata kunci: Youtube, KompasTV, Era Digital, Televisi
Yusup Muslim - Personal Name
221122038 - Yusup Muslim
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...