Pengaruh Kredibilitas Media dan Sumber Berita Terhadap Engagement Audiens Media Sosial dan Portal Berita Online Mnc Group
Tesis ini dibuat untuk membahas bagaimana pengaruh kredibilitas media dan sumber berita pada sebuah portal media sosial yaitu MNC Group. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kemunculan internet dan media sosial yang berkembang sangat cepat sehingga menimbulkan tingginya berita hoax yang berdampak pada kredibilitas suatu media dan sumber berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan alat bantu angket kuesioner yang disebar kepada responden dan data yang diperoleh dari angket tersebut kemudian diolah menggunakan SPSS IBM untuk dapat dianalisa dan divisualisasikan secara deskriptif sehingga hasil yang diperoleh dapat dimengerti. Selain itu, Teori Shanon and Weaver ini menyoroti masalah penyampaian pesan berdasarkan tingkat kecermatannya. Model komunikasi yang digambarkan oleh Shannon dan Weaver memberikan gambaran terkait proses komunikasi yang dijalankan. Menurut Mayendra (2013) kredibilitas dianggap penting bagi sebuah media karena mampu memberikan informasi atau berita secara lebih objektif, hal ini dianggap mampu untuk menjaga tingkat kepercayaan publik terhadap media tersebut. Masih menurut Meyendra (2013), untuk melihat tingkat kredibilitas suatu media, terdapat tiga dimensi yang bisa diukur yaitu; pertama berita yang bisa dipercaya oleh publik memiliki cakupan dimensi trustworthiness, accuracy, fairness, believability, balance, dan report the whole story. Menurut Hannimat et al. (2023), kredibilitas sumber dapat diukur menggunakan komponen berikut yaitu; (1) keahlian: dimana sumber mampu untuk memberikan pernyataan yang valid dan (2) kepercayaan terhadap kejujuran yang diberikan oleh sumber. Berdasarkan dari proses pengolahan data ini, diperoleh hasil bahwa kredibilitas media dan kredibilitas sumber memiliki perngaruh terhadap engagement audiens. dan diperkuat dengan adanya hasil pehitungan melalui data survei yang di peroleh yaitu nilai t hitung > r tabel dengan nilai t hitung 2,872 > 2,181 untuk nilai signifikansi 0,05. Lebih lanjut, pengaruh kredibilitas media dan sumber berita terhadap engagement audiens media sosial dan portal berita online MNC Group dianggap relevan dan menghasilkan perhitungan t hitung yaitu 2,872 & 2,181 untuk nilai signifikansi 0,05. dan lebih besar dari t tabel yaitu 1,662.
Kata Kunci: Kredbilitas Media, Kredibilitas Sumber Berita, Engagement Audiens, Media Sosial, Portal Berita, MNC Portal dan Shannon Weaver
Kata Kunci: Kredbilitas Media, Kredibilitas Sumber Berita, Engagement Audiens, Media Sosial, Portal Berita, MNC Portal dan Shannon Weaver
Astri Irawan - Personal Name
221121066 - Astri Irawan
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...