Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Museum sebagai Bentuk Insiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Kasus Museum Maritim Indonesia)

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses implementasi corporate social inititatives yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional II Tanjung Priok melalui Museum Maritim Indonesia dan bagaimana implementasi pemasaran yang dilakukan Museum Maritim Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan tahapan implementasi corporate social initiatives dan bauran pemasaran 5P yang telah dikontekstualisasikan untuk kasus museum. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui observasi, kajian dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini ialah corporate social initiatives melalui Museum Maritim Indonesia telah melalui tahapan-tahapan penting. Pemilihan isu telah sesuai dengan bidang bisnis, visi, dan tujuan perusahaan, sedangkan dalam tahap pemilihan bentuk, perusahaan memilih filantropi korporat dengan menyediakan aset dan fasilitasnya. Perusahaan juga melibatkan lintas fungsi organisasi dan mendapat dukungan manajemen puncak dalam tahap pengembangan dan implementasi rencana. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan secara berkala. Pemasaran museum dilakukan dengan mengoptimalkan aspek produk di semua level, baik produk inti, produk aktual, maupun produk tambahan. Dalam segi harga, perusahaan memiliki kebijakan mendukung penuh kebutuhan finansial sehingga tiket museum tidak dijual. Selain fisik, museum juga bisa dikunjungi secara virtual (aspek tempat), promosi yang terbatas, dan museum juga didukung SDM yang kuat.

Kata Kunci: Museum, CSR, Corporate Social Initiative
Imam Hidayah - Personal Name
221121048 - Imam Hidayah
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...