Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Gaya Komunikasi Politik Surya Paloh Dalam Membangun Partai Nasional Demokrat (Analisis Komunikasi Politik Surya Paloh di Metro TV)

Partai Nasdem merupakan partai yang baru dididrikan oleh Surya Paloh pada tahun 2011. Partai Nasdem yang diketuai oleh Surya Paloh baru mengikuti dua kali pemilu pada tahun 2014 dan tahun 2019. Melalui visi dan misi Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia partai nasdem telah melewati berbagai macam tantangan dan rintangan dalam perjalan berdinamika dikancah perpolitikan Indonesia. Oleh karena selain sebagai seorang politisi, Surya Paloh juga merupakan pemilik media Metro TV sehingga menjadi menarik untuk dilakukan sebuah kajian mendalam terhadap kepiawan Surya Paloh dalam memposisikan dirinya sebagai seorang tokoh bangsa dengan memiliki daya tarik tersendiri dikhalayak publik.

Untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi politik yang digunakan Surya Paloh dalam membentuk Partai Nasdem dari Pemilu ke Pemilu melalui pemanfaatan siaran media televisi Metro TV menjadi penting, karena tidak semua tokoh politik di Indonesia mampu melakukan hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi dokumentasi, observasi dan analisi data, peneliti memiliki keleluasaan dalam mengumpulkan data dari internet (website media Metro TV). Penggunaan metode ini dimungkinkan untuk memahami bentuk isi komunikasi seperti pemaknaan isi komunikasi, simbol-simbol dan interaksi simbolis yang terjadi dalam komunikasi melalui media televisi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi yang digunakan oleh Surya Paloh dalam membranding Partai Nasdem melalui saluran media Metro TV sejak awal berdirinya Partai Nasdem dengan menggunakan model gaya komunikasi berdasarkan dari kajian pendekatan teori gaya komunikasi Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss yang diantaranya menggunakan pendekatan The Controlling Style (gaya mengendalikan), The Equalitarian Style (gaya kesetaraan), The Structuring Style (gaya penataan), The Dynamic Style (gaya dinamis). Dengan modal kepiawayannya dalam bertutur diikuti oleh gestur, mimik wajah dan ekpresi nada bicaranya yang khas menjadikan apa yang dilakukan Surya Paloh mampu untuk menarik para audiens yang mendengar setiap pesan komunikasi yang ia sampaikan dikhalayak publik. Hal ini terlihat dari berbagai hasil analisis yang dilakukan oleh penulis terkait dengan gaya komunikasi politik yang sering digunakan Surya Paloh dalam berbagai pidato politik dan talk show wawancara dirinya di Metro TV.

Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Surya Paloh, Metro TV, Partai Nasdem
Agussalim - Personal Name
219122014 - Agussalim
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...