Analisa Deskriptif Komunikasi Pemasaran Digital Toko Jewel Rocks Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Tokopedia
Latar Belakang tingginya antusiasme masyarakat untuk belanja secara daring (online), menimbulkan banyaknya timbul online shop khususnya di aplikasi e-commerce, salah satu Jewel Rocks. Jewel Rocks merupakan toko online dan offline yang menjual jewelry yang dibuat secara homade yang menggunakan material unik dari batu-batu jepang. Keunikan hasil produk Jewel Rocks mengantarkan toko ini sebagai salah satu perwakilan Indonesia mengikuti acara Paris Fashion Week 2022 yang disponsori oleh Tokopedia. Kemudahan berbelanja di aplikasi Tokopedia ini membuat tingkat penjualan produk Jewel Rocks cukup meningkat khususnya setelah mengikuti Paris Fashion Week. Teori yang digunakan untuk menggali komunikasi pemasaran digital produk Jewel Rocks di Tokopedia menggunakan teori the circular of SoMe (Regina Luttrell, 2015). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komunikasi pemasaran digital akun Jewel Rocks dalam menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, serta keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber (data). Hasil penelitian ini menunjukkan yang digunakan akun Jewel Rocks menggunakan share, optimize, manage dan engage. Tolak ukur yang digunakan sebagai indeks keberhasilan komunikasi pemasaran digital akun Jewel Rocks adalah adalah meningkatkan penjualan produk. Faktor yang menjadi minat konsumen untuk membeli adalah bagaimana eksposure brand Jewel Rocks semakin meningkat khususnya setelah ikut acara Paris Fashion Week 2022. Kesimpulan penelitian ini berfokus pada analisa deskriptif komunikasi pemasaran digital yang digunakan oleh toko online "Jewel Rocks" di si Tokopedia. Berdasarkan data yang telah diteliti, toko ini menggunakan berbagai strategi pemasaran online seperti berbagi tautan (share link), menggunakan iklan top (top ads), dan berpartisipasi dalam program-program kerja yang ditawarkan oleh Tokopedia serta berkolaborasi dengan toko lain. Penelitian ini mengacu pada teori "The Circular Model of SoMe" yang dikembangkan oleh Regina Luttrell, yang menguraikan langkah langkah dalam strategi komunikasi pemasaran digital (Share, Optimize, Manage, dan Engage). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jewel Rocks berhasil mengoptimalkan penggunaan aplikasi Tokopedia dalam menjual produk dan membangun hubungan baik dengan relation manager untuk meningkatkan eksposur merek dan produk.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Digital, e-commerce, Jewel Rocks
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Digital, e-commerce, Jewel Rocks
Amelia Dwi Santika - Personal Name
121106094 - Amelia Dwi Santika
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...