Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Gambaran Pola Komunikasi Organisasi di Divisi Business Development PT MediaWave Interaktif

Latar Belakang: Komunikasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia guna mendukung kegiatan bersosialisasi. Tidak hanya penting bagi kehidupan personal, tetapi berlaku juga dalam kehidupan berorganisasi. Komunikasi itu mencakup sebuah usaha untuk menciptakan pesan. Komunikasi dalam organisasi merupakan sebuah titik utama yang dapat menciptakan lingkungan yang kondusif. Di dalam komunikasi organisasi terdapat jenis aliran informasi yang terbagi menjadi beberapa prosedur. Diantaranya yaitu komunikasi vertikal, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal. Dari ketiga jenis proses aliran penyampaian informasi tersebut merupakan sebuah proses yang terjadi dan diterapkan dalam sebuah organisasi guna membangun komunikasi yang efektif. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi secara vertikal, horizontal dan diagonal yang terjadi di divisi Business Development PT MediaWave Interaktif. Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti memilih menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode wawancara. Informan dari penelitian ini terdiri dari Chief Marketing Officer, HRGA dan salah satu anggota tim divisi Business Development di PT MediaWave Interaktif. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil wawancara yang mendalam, terdapat beberapa pola komunikasi di divisi Business Development yang diterapkan. Pola komunikasi diterapkan secara vertikal atau komunikasi dari atasan ke bawahan maupun dari bawahan ke atasan. Serta jalinan komunikasi yang dibangun antar anggota mencerminkan pola komunikasi horizontal untuk diskusi terkait pekerjaan dan juga komunikasi antar divisi terkait pembagian pekerjaan yang dapat digambarkan sebagai pola komunikasi diagonal.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini, komunikasi yang terjalin di divisi business development PT MediaWave Interaktif dapat dikatakan menarik karena walaupun anggota divisi Business Development hanya terdapat tiga orang, setiap anggotanya mampu menciptakan ruang
komunikasi yang lebih fleksibel terlepas dari beban pekerjaan yang dikerjakan cukup banyak.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Business Development PT MediaWave Interaktif
Pustaka: 6 buku (2012 – 2020), 3 jurnal
Almayda Devina Wibowo - Personal Name
119106030 - Almayda Devina Wibowo
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...