Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Komunikasi Pemenangan Pasangan Calon Walikota Pada Pilkada Kota Metro Tahun 2020 (Studi Kasus Pasangan Calon dr. Hi. Wahdi, Sp.OG.(K) dan Drs. Qomaru Zaman, MA)

Pemilihan kepala daerah selalu didominasi oleh pasangan calon yang diusung partai politik. Sistem presidensial lebih kurang diisyaratkan oleh pemilihan kepala pemerintahan secara langsung oleh rakyat seperti pada tahap nasional Presiden sebagai kepala pemerintahan dipilih langsung oleh rakyat melewati pemilihan umum, maka untuk kepala daerah juga dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Calon independen hadir sebagai representasi dari adanya UU Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Pemilihan kepala daerah atau pemilukada selalu di dominasi oleh calon yang berasal dari partai politik. Banyaknya calon independen dalam pemilukada dewasa ini membuat beberapa tokoh Kota Metro ingin mengikuti kontestasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pasangan Calon ini yakni turun langsung pada kelompok masyarakat yang ada dan menggunkan metode menyentuh kepada masyarakat menengah kebawah dengan startegi yang telah digunakan. Dalam penerapan strategi komunikasi yang dilakukan oleh pasangan calon merupakan bentuk sentuhan langsung kepada masyarakat bawah guna mendapatkan informasi public untuk kemudian dirancang kembali dalam bentuk stratagi dan kegiatan kegiatan unggulan lainnya. Hal ini dibuktikan nya dari program unggulan yang maksimal sudah dilakukan dilapangan yakni, 1) Kartu Metro Ceria (Metro Pintar, Metro Sehat, Metro Cyber, Metro Wisata, Sembako, dan Petani), 2) Peningkatan Insentif bagi Pegiat Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan dan Sosial, 3) Gratis Iuran BPJS Kelas III dengan Pelayanan yang Berkualitas, 4) Merealisasikan Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran, 5) Mall Pelayanan Public Terintegrasi, 6) Peningkatan Infrastruktur Jalan, Penerangan, Teknologi Informasi Komunikasi di Tingkat RT/RW, 7) Refitalisasi Fasilitas Olahraga, dan Fasilitas Budaya yang ada di Masyarakat, 8) Meningkatkan Produk Hasil Pertanian, Melalui Bantuan Sarana Produksi Pertanian dan Alat Mesin Pertanian Bagi Petani, 9) Membangun Creative-Hub (Centra Promosi produk Kota Metro dan E-Commerce/Digital Marketing) Serta Membuka 22 Pusat Wirausaha Baru dan menyentuh lagsung pada masyarakat.

Kata Kunci: Jalur Independen, Pemilu, Tim Pemengan Strategi, Komunikasi
Reza Fahlevi - Personal Name
219122035 - Reza Fahlevi
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...