Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Produktivitas Karyawan NET. (Studi Pada Karyawan Direktorat Konten NET. Dalam Membuat Konten Siaran Saat Pandemi Covid-19)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum gambaran iklim komunikasi yang terjalin di Direktorat Konten NET. dan mengetahui secara umum gambaran dimensi iklim komunikasi yang terdiri dari dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta target kinerja, terhadap produktivitas karyawannya dalam membuat konten siaran.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yakni variabel bebas menjelaskan iklim komunikasi organisasi. Dimensinya terdiri dari dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta target kinerja. Sementara, variabel terikat menjelaskan produktivitas, dengan indikatornya motivasi, sikap kerja, pengetahuan kerja, keterampilan kerja dan kinerja organisasi.
Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 90 karyawan Direktorat Konten NET. dengan metode non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan selanjutnya dianalisis dengan kolerasi Pearson dan regresi sederhana yang perhitungannya dilakukan dengan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian terungkap bahwa kepercayaan memiliki kolerasi yang “kuat” dengan Produktivitas dengan p hitung = 0,739. Disusul oleh keterbukaan dengan p hitung = 0,673, kemudian target kinerja dengan p hitung = 0,595, lalu partisipasi dengan p hitung = 0,568. Korelasi yang tak begitu kuat atau kategori sedang, ditunjukkan oleh dimensi supportiveness (dukungan) dengan p hitung = 0,491.
Selanjutnya dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kuat antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Produktivitas karyawan Direktorat Konten NET. Meski sebagian besar p hitung menunjukkan korelasi yang kuat, ada beberapa catatan diantaranya di indikator motivasi dan keterampilan kerja yang mesti diperhatikan oleh manajemen. Sistem reward bisa dijalankan untuk meningkatkan produktivitas lebih maksimal.
Kata Kunci : Iklim Komunikasi, Produktivitas, Organisasi,, Kepercayaan, Keterbukaan, Supportiveness, Partisipasi, Motivasi.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yakni variabel bebas menjelaskan iklim komunikasi organisasi. Dimensinya terdiri dari dukungan, partisipasi, kepercayaan, keterbukaan serta target kinerja. Sementara, variabel terikat menjelaskan produktivitas, dengan indikatornya motivasi, sikap kerja, pengetahuan kerja, keterampilan kerja dan kinerja organisasi.
Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 90 karyawan Direktorat Konten NET. dengan metode non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan selanjutnya dianalisis dengan kolerasi Pearson dan regresi sederhana yang perhitungannya dilakukan dengan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian terungkap bahwa kepercayaan memiliki kolerasi yang “kuat” dengan Produktivitas dengan p hitung = 0,739. Disusul oleh keterbukaan dengan p hitung = 0,673, kemudian target kinerja dengan p hitung = 0,595, lalu partisipasi dengan p hitung = 0,568. Korelasi yang tak begitu kuat atau kategori sedang, ditunjukkan oleh dimensi supportiveness (dukungan) dengan p hitung = 0,491.
Selanjutnya dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kuat antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Produktivitas karyawan Direktorat Konten NET. Meski sebagian besar p hitung menunjukkan korelasi yang kuat, ada beberapa catatan diantaranya di indikator motivasi dan keterampilan kerja yang mesti diperhatikan oleh manajemen. Sistem reward bisa dijalankan untuk meningkatkan produktivitas lebih maksimal.
Kata Kunci : Iklim Komunikasi, Produktivitas, Organisasi,, Kepercayaan, Keterbukaan, Supportiveness, Partisipasi, Motivasi.
Ranti Nuraeni - Personal Name
218121032 - Ranti Nuraeni
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...