Efektivitas Pesan Podcast Diskusi Psikologi Di Aplikasi Spotify
Seiring dengan pesatnya perkembangan internet di dunia, radio dan televisi sebagai media penyiaran konvensional mengalami perubahan menuju ke arah digital dan memunculkan media baru. Salah satu inovasi konvergensi media ini adalah munculnya podcast. Salah satu aplikasi favorit untuk mengakses podcast adalah Spotify. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah Podcast Disko. Podcast ini merupakan salah satu podcast pioneer yang membahas tentang kesehatan mental sejak tahun 2018, dengan jumlah pengikut di aplikasi Spotify diakhir tahun 2022, sebanyak 10,851. Dalam penelitian ini menggunakan teori dari Alo Liliweri (2011) tentang efek komunikasi massa dimana terdapat 3 efek yaitu efek kognitif, efek konatif, dan efek afektif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Efektivitas Pesan Podcast Diskusi Psikologi Di Aplikasi Spotify. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif deskriptif untuk melihat tingkat Efektivitas Pesan Podcast Diskusi Psikologi Di Aplikasi Spotify. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode survey yang disebarkan ke 100 sampel responden dari populasi pengikut Podcast Diskusi Psikologi di Spotify. Hasil Penelitian menunjukkan tingkat Efektivitas Pesan Podcast Diskusi Psikologi Di Aplikasi Spotify sangat efektif, dengan persentase yang ditunjukkan pada dimensi efek kognitif sebanyak 97%, dimensi efek afektif 79%, dan dimensi efek konatif 91%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa hasil Efektivitas Pesan Podcast Diskusi Psikologi Di Aplikasi Spotify dapat dikatakan cukup baik dengan ketiga dimensi yang menjadi fokus penelitian, pada efek kognitif mendapatkan persentase sebanyak 97%, dimensi afektif 79% dan dimensi konatif sebanyak 91%.
Kata Kunci : Komunikasi Massa, Efek Pesan Komunikasi, Podcast, Spotify.
Jumlah Literatur : 31 buku (2004 – 2020), 8 Jurnal, dan 3 situs website.
Kata Kunci : Komunikasi Massa, Efek Pesan Komunikasi, Podcast, Spotify.
Jumlah Literatur : 31 buku (2004 – 2020), 8 Jurnal, dan 3 situs website.
Fauzia Ismi Adzani - Personal Name
120206028 - Fauzia Ismi Adzani
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...