Analisis Pemberitaan Ninja Xpress di Media Massa (Analisis pada Media Bisnis.com, Kompas.com, dan Industry.co.id Periode Pemberitaan Juli 2021 - Juni 2022)
Pesatnya teknologi pada era globalisasi dan digital seperti saat ini menjadikan pemberitaan dari sebuah media dapat dengan mudah kita akses sehingga informasi mengenai isu maupun topik tertentu dapat lebih cepat tersampaikan dan membantu masyarakat dalam mengatasi suatu permasalahan tertentu. Pemberitaan dari sebuah media juga tentunya dapat mempengaruhi nilai dan pertimbangan terhadap reputasi yang dibangun oleh organisasi atau perusahaan. Lalu, bagaimana citra atau image sebuah perusahaan logistik Ninja Xpress memanfaatkan momen pandemi untuk menyampaikan berbagai macam informasi melalui media massa.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pemberitaan Ninja Xpress di Media Bisnis.com, Kompas.com, dan Industry.co.id pada periode pemberitaan Juli 2021 - Juni 2022. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis isi deskriptif. Jumlah keseluruhan sampel pada penelitian ini adalah 74 liputan pemberitaan dari tiga media (Bisnis.com, Kompas.com, dan Industry.co.id).
Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis pemberitaan terkait Ninja Xpress yang paling mendominasi pada media Bisnis.com adalah format soft news, sedangkan pada media Kompas.com dan media Industry.co.id adalah pemberitaan dengan format feature news. Tujuan Pemberitaan paling banyak dari ketiga media adalah pemberitaan dengan tujuan informational news yang disiapkan sebagai informasi resmi tentang kegiatan yang terkait dengan bisnis inti organisasi. Ninja Xpress mendapatkan citra yang cukup baik di media dengan dibuktikan oleh suasana pemberitaan positif pada ketiga media.
Kata Kunci: Komunikasi Massa, Analisis Isi, Citra Perusahaan
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pemberitaan Ninja Xpress di Media Bisnis.com, Kompas.com, dan Industry.co.id pada periode pemberitaan Juli 2021 - Juni 2022. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis isi deskriptif. Jumlah keseluruhan sampel pada penelitian ini adalah 74 liputan pemberitaan dari tiga media (Bisnis.com, Kompas.com, dan Industry.co.id).
Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis pemberitaan terkait Ninja Xpress yang paling mendominasi pada media Bisnis.com adalah format soft news, sedangkan pada media Kompas.com dan media Industry.co.id adalah pemberitaan dengan format feature news. Tujuan Pemberitaan paling banyak dari ketiga media adalah pemberitaan dengan tujuan informational news yang disiapkan sebagai informasi resmi tentang kegiatan yang terkait dengan bisnis inti organisasi. Ninja Xpress mendapatkan citra yang cukup baik di media dengan dibuktikan oleh suasana pemberitaan positif pada ketiga media.
Kata Kunci: Komunikasi Massa, Analisis Isi, Citra Perusahaan
Lestyarini Cindara Putri - Personal Name
220121048 - Lestyarini Cindara Putri
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...