Analisis Isi Akun Instagram Free Fire Indonesia Dalam Mempromosikan Event Ulang Tahun #FreeFire5thAnniversary Periode Agustus 2022
Perkembangan teknologi dan fenomena game online di Indonesia tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Free Fire Indonesia adalah akun media sosial kedua tertinggi di Indonesia dengan jumlah pengikut hampir 10 juta. Mereka memiliki pengguna loyal yang setiap tahunnya mendatangkan revenue terhadap perusahaan dari pembelian item di dalam game. Free Fire Indonesia melakukan promosi di media sosial Instagram dengan mempromosikan event perayaan ulang tahun #FreeFire5thAnniversary. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak isi pesan yang bersifat informasi, persuasi dan mengingatkan pada postingan akun Instagram Free Fire Indonesia dalam mempromosikan event ulang tahun #FreeFire5thAnniversary. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menganalisis isi pesan dari postingan yang berupa gambar dan tulisan terkait event ulang tahun #FreeFire5thAnniversary pada periode Agustus 2022. Jumlah populasi yang akan diteliti untuk dianalisis isi pesannya berjumlah 75 postingan terkait dengan pesan promosi event ulang tahun #FreeFire5thAnniversary. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling, yaitu sampel jenuh atau sampel sensus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari ketiga kategori tujuan pesan promosi, diperoleh data dari total keseluruhan postingan berjumlah 75 terdapat 26 pesan atau 34,7% postingan yang bersifat informasi. Bersifat persuasi sebanyak 10 postingan atau 13,3%. Sedangkan kategori mengingatkan terdapat hanya 8 postingan atau 10,7% dari total keseluruhan kategorisasi. Dalam penelitian ini juga terdapat unggahan yang memiliki perpaduan dua kategorisasi dasar dalam satu Postingan. Sebanyak 17,3% atau 13 postingan bersifat informasi dan persuasi, 6,7% atau 5 postingan bersifat informasi dan mengingatkan, 4% atau 3 postingan bersifat persuasi dan mengingatkan dan 13,3% atau 10 postingan yang bersifat informasi, persuasi dan mengingatkan. Hal ini sejalan dengan khalayak mereka yang merupakan anak-anak dan remaja yang notabennya menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dan mencari informasi..
Kata Kunci: Analisis Isi pesan, Promosi, Instagram, Event.
Daftar Pustaka: 21 buku, 2 jurnal ilmiah, 4 situs
Kata Kunci: Analisis Isi pesan, Promosi, Instagram, Event.
Daftar Pustaka: 21 buku, 2 jurnal ilmiah, 4 situs
Mohamad Imam Santoso - Personal Name
120206021 - Mohamad Imam Santoso
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...