Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Efektifitas Pesan Kampanye Krisis Iklim pada Instagram @greenpeaceid Terhadap Sikap Khalayak

Latar Belakang: Krisis Iklim telah menyebabkan efek domino bagi kerberlangsungan makhluk hidup di bumi. Berbagai cara dapat dilakukan untuk turut menekan dampak dari krisis iklim ini, salah satunya dengan kampanye sadar krisis iklim. Seperti yang dilakukan Greenpeace Indonesia melalui akun instagramnya @greenpeaceid, mereka mengkampanyekan sadar krisis iklim untuk membentuk sebuah sikap pada khalayaknya. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada efektivitas pesan kampanye krisis iklim pada instagram @greenpeaceid terhadap sikap khalayak. Rumusan Masalah: Sejauh mana efektivitas pesan kampanye krisis iklim pada akun instagram @greenpeaceid terhadap sikap khalayak. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui efektivitas Isi Pesan Kampanye, efektivitas Struktur Pesan, dan efektivitas Bingkai Pesan Kampanye krisis iklim pada akun instagram @greenpeaceid terhadap Sikap Khalayak. Metodologi: Kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah pengikut akun instagram @greenpeaceid dengan sampel 100 orang. Teknik sampling Probability Sampling design dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Hasil Penelitian: Isi pesan, Struktur Pesan dan Bingkai Pesan kampanye krisis iklim pada akun instagram @greenpeaceid efektif terhadap sikap khalayak. Untuk Isi Pesan pengaruhnya sebesar 56,6% dengan nilai koefisien korelasi 0,750, untuk Struktur Pesan pengaruhnya sebesar 39,6% dengan nilai koefisien korelasi 0,629, dan untuk Bingkai Pesan pengaruhnya sebesar 49,7% dengan nilai koefisien korelasi 0,705, ketiga nilai koefisien korelasi tersebut menandakan tingkat hubungan kuat. Kesimpulan: Pesan Kampanye yang dibagikan oleh akun instagram @greenpeaceid efektif terhadap sikap khalayak. Disarankan Greenpeace Indonesia dapat menggunakan struktur pesan argumentasi dua sisi untuk menambah kredibilitas dan mendapatkan kepercayaan khalayak.

Kata Kunci: Krisis Iklim, Kampanye, Pesan Kampanye, Sikap Khalayak
Rini Nur Fadilah - Personal Name
120206042 - Rini Nur Fadilah
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...