Analisis Pengaruh Content Marketing Akun Instagram @Nivea_Id Terhadap Brand Equity Nivea Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh content marketing media sosial Instagram @nivea_id terhadap brand equity Nivea Indonesia. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisi pernyataan dari pengembangan tiap variabel pada penelitian ini. Kuesioner diberikan kepada 100 responden yang merupakan followers dari akun Instagram @nivea_id dan pengguna dari produk Nivea. Pengujian dilakukan dengan menguji dimensi content marketing dan brand equity, serta hubungan keduanya akan dijelaskan menggunakan teori ekologi media. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa adanya pengaruh content marketing dari akun @nivea_id terhadap brand equity Nivea dimana nilai koefisien determinasi atau R Square menunjukkan angka sebesar 0,536 atau 53,6 persen. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa content marketing dari akun @nivea_id memberikan pengaruh sebesar 53,6 persen terhadap brand equity Nivea Indonesia. Sedangkan sisanya yaitu 46,4 persen merupakan kontribusi variabel di luar content marketing dari akun @nivea_id. Pengaruh tersebut juga dapat dijelaskan pada asumsi kedua dari teori ekologi media yakni bahwa media memiliki kekuatan untuk mengelola pandangan dan pemahaman manusia. Pemahaman tersebut nantinya baik langsung maupun tak langsung akan mempengaruhi tingkat brand equity dari sebuah merek.
Kata Kunci : Content Marketing, Brand Equity, @nivea_id, dan Instagram
menunjukkan bahwa adanya pengaruh content marketing dari akun @nivea_id terhadap brand equity Nivea dimana nilai koefisien determinasi atau R Square menunjukkan angka sebesar 0,536 atau 53,6 persen. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa content marketing dari akun @nivea_id memberikan pengaruh sebesar 53,6 persen terhadap brand equity Nivea Indonesia. Sedangkan sisanya yaitu 46,4 persen merupakan kontribusi variabel di luar content marketing dari akun @nivea_id. Pengaruh tersebut juga dapat dijelaskan pada asumsi kedua dari teori ekologi media yakni bahwa media memiliki kekuatan untuk mengelola pandangan dan pemahaman manusia. Pemahaman tersebut nantinya baik langsung maupun tak langsung akan mempengaruhi tingkat brand equity dari sebuah merek.
Kata Kunci : Content Marketing, Brand Equity, @nivea_id, dan Instagram
Andi Nur Fadillah Yanti - Personal Name
219121014 - Andi Nur Fadillah Yanti
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...