Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Hubungan antara Strategi Regulasi Emosi Cognitive Reappraisal dengan Kecemasan Akademik Mahasiswa Kelas Karyawan Universitas Paramadina

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi regulasi emosi cognitive reappraisal dengan kecemasan akademik mahasiswa kelas karyawan Universitas Paramadina. Responden dalam penelitian ini ialah mahasiswa kelas karyawan Universitas Paramadina yang berjumlah 182 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson’s Product Moment. Peneliti mengadaptasi alat ukur Emotion Regulation Questionnaire-Cognitive Reappraisal (ERQ-CR) mengenai strategi regulasi emosi cognitive reappraisal yang berjumlah 6 item dan mengadaptasi alat ukur Academic Anxiety Scale (AAS) yang berjumlah 11 item untuk mengukur kecemasan akademik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara strategi regulasi emosi cognitive reappraisal dengan kecemasan akademik mahasiswa kelas karyawan Universitas Paramadina. Hasil analisis korelasi juga menunjukkan koefisien korelasi bernilai negatif pada variabel strategi regulasi emosi cognitive reappraisal dengan kecemasan akademik. Artinya, semakin tinggi strategi regulasi emosi cognitive reappraisal, maka semakin rendah kecemasan akademik pada mahasiswa kelas karyawan Universitas Paramadina.

Kata Kunci : Strategi Regulasi Emosi Cognitive Reappraisal, Kecemasan Akademik, Mahasiswa Kelas Karyawan
Aliful Hamzah - Personal Name
118107088 - Aliful Hamzah
Skripsi PPS
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...