Proses Penulisan Naskah Iklan-Iklan Dalam Video Promosi "Melangkah Maju Bersama Universitas Paramadina"
Pandemi COVID-19 memberikan dampak dari segala sektor baik bisnis, ekonomi maupun pendidikan, perubahan-perubahan yang diakibatkan dengan adanya pandemi COVID-19 memberikan masyarakat akan sadar dan peka terhadap perkembangan teknologi. Permasalahan saat yang dihadapi pada dunia pendidikan bukan hanya perubahan interaksi dan komunikasi tetapi juga masalah finansial, beberapa masyarakat di phk oleh perusahaan untuk pengurangan pegawai selama pandemi COVID-19 dan ada juga yang mengalami penurunan pendapatan bisnis sehingga menurunkan kualitas pendidikan dan semangat mahasiswa sehingga pemerintah dan universitas di Indonesia memberikan fasilitas kepada mahasiswa berupa bantuan studi untuk mahasiswa yang terdampak dari pandemi COVID-19.
Karya akhir ini berupa video promosi Universitas Paramadina dengan penyampaian pesan melalui media sosial dengan menonjolkan kepedulian Universitas Paramadina terhadap masalah finansial akibat dari pandemi COVID-19 yang menurunkan kualitas pendidikan. Penyampaian pesan ini dikemas dalam bentuk konten iklan yang akan dipublikasikan di sosial media Universitas Paramadina antara lain youtube, instagram dan website. sosial media adalah suatu konten berisi informasi yang dibuat oleh user atau akun dengan memanfaatkan teknologi, sehingga mudah diakses oleh masyarakat melalui gadget, laptop dan alat teknologi lainnya.Video promosi Bantuan Biaya Studi COVID-19 juga menampilkan fasilitas Universitas Paramadina seperti perpustakaan, ruang kelas yang nyaman dan tempat berdiskusi mahasiswa yaitu lamer (lantai merah). Video ini juga sebagai video motivasi mahasiswa untuk terus terus memperjuangkan pendidikan meskipun memiliki berbagai masalah, masalah klasik yang ada yaitu finansial.
Dalam proses pembuatan video, penulis berperan sebagai penulis naskah iklan (copywriter). Seorang penulis naskah dituntut untuk membuat ide/konsep dengan mengembangkan materi iklan dan berdasarkan riset, penulis memiliki dasar acuan dalam penulisan naskah iklan antara lain ; (1) menyampaikan ide melalui kata-kata dan gambar, (2) struktur cerita, (3) membuat plot cerita, (4) penulisan skrip. Pengertian penulisan naskah iklan (copywriting), dalam rumus Dalam kaitannya dengan video promosi “Melangkah Maju Bersama Universitas Paramadina” , rumusan yang pas untuk naskah yaitu rancangan cerita.
Kata Kunci : Video Promosi, Media Sosial, Penulisan Naskah Iklan
Karya akhir ini berupa video promosi Universitas Paramadina dengan penyampaian pesan melalui media sosial dengan menonjolkan kepedulian Universitas Paramadina terhadap masalah finansial akibat dari pandemi COVID-19 yang menurunkan kualitas pendidikan. Penyampaian pesan ini dikemas dalam bentuk konten iklan yang akan dipublikasikan di sosial media Universitas Paramadina antara lain youtube, instagram dan website. sosial media adalah suatu konten berisi informasi yang dibuat oleh user atau akun dengan memanfaatkan teknologi, sehingga mudah diakses oleh masyarakat melalui gadget, laptop dan alat teknologi lainnya.Video promosi Bantuan Biaya Studi COVID-19 juga menampilkan fasilitas Universitas Paramadina seperti perpustakaan, ruang kelas yang nyaman dan tempat berdiskusi mahasiswa yaitu lamer (lantai merah). Video ini juga sebagai video motivasi mahasiswa untuk terus terus memperjuangkan pendidikan meskipun memiliki berbagai masalah, masalah klasik yang ada yaitu finansial.
Dalam proses pembuatan video, penulis berperan sebagai penulis naskah iklan (copywriter). Seorang penulis naskah dituntut untuk membuat ide/konsep dengan mengembangkan materi iklan dan berdasarkan riset, penulis memiliki dasar acuan dalam penulisan naskah iklan antara lain ; (1) menyampaikan ide melalui kata-kata dan gambar, (2) struktur cerita, (3) membuat plot cerita, (4) penulisan skrip. Pengertian penulisan naskah iklan (copywriting), dalam rumus Dalam kaitannya dengan video promosi “Melangkah Maju Bersama Universitas Paramadina” , rumusan yang pas untuk naskah yaitu rancangan cerita.
Kata Kunci : Video Promosi, Media Sosial, Penulisan Naskah Iklan
Sabrina Anandarini Nasution - Personal Name
120106058 - Sabrina Anandarini Nasution
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...