Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Kampanye di Tengah Pandemi: Studi Kasus Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa dalam Pilkada Solo

Pandemi Covid-19 melanda seluruh kawasan di seluruh dunia pada 2020. Masyarakat diminta untuk menjaga diri dengan tidak berkerumun agar tidak terjadi kluster penyebaran covid-19. Namun di tahun yang sama, pemilihan umum harus terjadi. Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan tetap menjalankan pemilihan umum mereka namun dengan penyesuaian berupa peraturan khusus karena sedang terjadi pandemi. Di Indonesia, pemilihan kepala daerah menjadi agenda politik di 2020. Meski sempat tertunda namun Pemilihan Kepala Daerah tetap terlaksana dengan peraturan khusus karena pandemi. Salah satu calon kepala daerah yang maju dalam Pilkada 2020 adalah Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa sebagai calon wakil walikota. Sosok Gibran yang kontroversial dengan stigma politik dinasti, membutuhkan personal branding dan strategi kampanye yang baik agar dapat memenangkan Pilkada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa studi dokumen dan wawancara. Peter Montoya dan Tim Vandehey dalam buku The Personal Branding Phenomenon, menuliskan tiga elemen utama dalam personal branding, yaitu: you atau orang itu sendiri, promise atau janji, dan relationship atau hubungan. Dalam peneitian ini, ditemukan bahwa you yaitu sosok Gibran sebagai anak muda yang kreatif dan inovatif. Promise atau janji, tertuang dalam visi-misi kampanye yang dipenuhi oleh Gibran, salah satunnya memperkenalkan Solo terhadap dunia internasional dengan membuat Java in Paris. Relationship bisa dilihat saat Gibran menjaga hubungan dengan calon pemilih yaitu ketika kampanye menggunakan media sosial instagram yang dilakukan Gibran, dia membangun relasi terhadap pengikutnya. Gibran membalas pertanyaan dan komentar yang dibuat warganet, meskipun yang memberikan pertanyaan dan komentar belum tentu calon pemilihnya dan belum tentu tinggal di Solo. Personal branding dan strategi kampanye yang dibuat dengan baik dapat membantu memenangi kontestasi Pilkada meski Gibran sudah mendapatkan stigma politik dinasti.



Kata kunci: Kampanye Politik saat Pandemi, Gibran Rakabuming, Politik Dinasti
Daftar Pustaka : (119) (1982-2022)
Reza Helmi - Personal Name
219122012 - Reza Helmi
Printed Book
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
91 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...