Analisis Penggunaan Clubhouse Sebagai Media Komunikasi Diskusi Dalam Membangun Citra Diri Para Generasi Millenial Pada Komunitas Virtual Clubhouse "Airy Room"
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan ekslusivitas dan dampak penggunaan aplikasi Clubhouse sebagai media komunikasi diskusi generasi milenial untuk menjalin hubungan baik dengan publik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemilihan dan penggunaan secara mendalam mengapa media sosial berbasis audio Clubhouse digunakan sebagai media komunikasi diskusi untuk membagun citra diri bagi para generasi millenial dengan menggunakan teori new media, use and gratification dan determinism technology. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan 5 (lima) member aktif di media sosial Clubhouse. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknologi dapat mengubah cara berkomunikasi seseorang sekalipun dalam berkenalan media sosial Clubhouse hadir sebagai ruang diskusi digital yang memfasilitasi penggunanya untuk berkomunikasi dengan pengguna lain tanpa harus bertemu secara langsung. Generasi millenial merasa media sosial Clubhouse dapat memenuhi kebutuhannya sebagai tempat memperoleh edukasi dengan mendengarkan berbagai obrolan berbagai tema diskusi secara live. Clubhouse Bisa berkomunikasi dengan artis, influencer, motivator atau lainnya yang dapat memperluaskan networking, serta berjoin Clubhouse dapat memberikan peluang untuk meningkatkan citra diri serta karir generasi millenial yaitu dengan melatih public speaking agar bisa tampil percaya diri ketika memulai diskusi virtual.
Kata kunci: komunikasi digital, new media, media sosial Clubhouse, use and gratification, determinism teknologi dan citra diri.
Kata kunci: komunikasi digital, new media, media sosial Clubhouse, use and gratification, determinism teknologi dan citra diri.
Nina Rohana - Personal Name
220121066 - Nina Rohana
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
183 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...