Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Hubungan Brand Awareness Kitabisa.com Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online

Latar Belakang: Pada era yang serba digital hampir setiap orang menggunakan internet dalam melakukan kegiatan sehari-hari, baik dalam berbelanja, memesan makanan, mencari sesuatu hingga untuk membantu pendidikan seseorang sering menggunakan internet. Saat ini donasi juga sudah dapat dilakukan secara digital sehingga mempermudah seseorang untuk membantu sesama yang bahkan ada di luar daerah. Sehingga muncul platform donasi online di media sosial untuk mengenalkan brand masing-masing. Tujuan dari sosial media ini berbagai macam dari untuk berbagi informasi terkini mengenai yang sedang terjadi di indonesia hingga membangun awareness agar masyarakat dapat mengenali dan mempercayai brand tersebut. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui sejauhmana hubungan brand awareness Kitabisa.com terhadap keputusan berdonasi secara online. Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif dan untuk memperoleh data menggunakan penyebaran kuesioner kepada orang yang pernah berdonasi di Kitabisa.com baik dari aplikasi maupun website. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan IBM SPSS Ver.25 untuk menguji pearson correlation. Hasil Penelitian: Terdapat hubungan yang positif dan sedang antara variabel X (brand awareness) dengan variabel Y (keputusan berdonasi) yaitu dengan hasil korelasi sebesar
0,455. Dalam hasil korelasi menunjukan bahwa dimensi unaware of brand dan top of mind memiliki nilai korelasi tertinggi dengan variabel Y (keputusan berdonasi). Sedangkan pada dimensi brand recognition dan brand recall mendapatkan korelasi rendah dengan variabel Y (keputusan berdonasi). Kesimpulan: Brand awareness mempunyai hubungan positif terhadap keputusan berdonasi dengan tingkat korelasi sedang, dan dimensi yang mempunyai hubungan yang sedang adalah dimensi unaware of brand dan juga top of mind dimana donatur harus mengetahui terlebih dahulu platform donasi online yang akan digunakan. Selain itu brand yang sudah menjadi top of mind akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk donatur berdonasi di brand tersebut.

Kata Kunci: brand awareness, keputusan berdonasi, Kitabisa.com
Daftar Pustaka: 39 Buku (2004-2022), 5 website & 1 company profile
Danny Rinaldy - Personal Name
120106109 - Danny Rinaldy
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...