Strategi Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kota Depok dalam Pemberian Informasi Program Jaminan Kesehatan Nasional
Sebagai Badan Hukum Publik BPJS (Badan Penyelenggra Jaminan Sosial) Kesehatan tidak terlepas dari aktivitas komunikasi publik dalam penyampaian pesan atau informasi khususnya mengenai program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan berperan penting sebagai pemberi informasi yang dibutuhkan masyarakat mengenai program JKN terlebih prosedur dari program JKN yang besifat dinamis. Agar kebijakan program JKN bisa diketahui, dipahami, diterima, dan terimplementasi kepada masyarakat, maka perlu dilakukannya penyebarluasan pesan dengan strategi komunikasi publik melalui pemberian informasi. Tujuan penelitian: Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kota Depok dalam melakukan kegiatan pemberian informasi pada program JKN. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam serta studi literatur. Hasil Penelitian: Melalui analisis data didapati hasil penelitian bahwa pemberian informasi program JKN menerapkan 4 tahapan strategi komunikasi meliputi mengenal khalayak, penyusunan pesan, menetapkan metode, dan pemilihan media. Dalam pemberian informasi mengenai program JKN BPJS Kesehatan Kota Depok melakukan strategi khalayak yaitu berkolaborasi dengan para stakeholders. Untuk penyusunan pesan disesuaikan dengan kebutuhan khalayak dan dikemas sesuai dengan khalayak yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam pemberian informasi program JKN adalah informatif, persuasif, dan edukatif. Strategi pemilihan media adalah bekerjasama dengan beberapa media seperti media lokal dan media sosial. Sementara untuk meminimalisir tantangan dalam pemberian informasi, BPJS Kesehatan Kota Depok berupaya melakukan kegiatan pemberian informasi secara rutindan mendorong stakeholders untuk menjalankan fungsinya serta mendorong masyarakat untuk aktif dalam program JKN.
Kata Kunci: Komunikasi Publik, Strategi Komunikasi, Pemberian Informasi.
Daftar Pustaka: 34 buku, 3 e-book, 2 dokumen perusahaan, 3 online journals, 11 websites
Kata Kunci: Komunikasi Publik, Strategi Komunikasi, Pemberian Informasi.
Daftar Pustaka: 34 buku, 3 e-book, 2 dokumen perusahaan, 3 online journals, 11 websites
Alma Dwi Nur Jannah - Personal Name
120106133 - Alma Dwi Nur Jannah
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...