Gambaran Pembelian Impulsif dalam Membeli Barang pada Penggemar Fanatisme K-Pop
Fenomena semakin mendunianya K-Pop membuat individu memiliki idola yang dipuja atau disukai. Fenomena dimana penggemar yang mengikuti segala sosial media dengan tujuan untuk mencari, dan mendapatkan informasi mengenai idol K-Pop, adanya perasaan senang terhadap idol yang disukai, sehingga memunculkan penggemar ingin membeli merchandise dari idol K-Pop untuk memuaskan rasa senangnya
dibandingkan kegunaan dari barang yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pembelian impulsif yang dilakukan oleh subjek A berusia 21 Tahun yang mengidolakan BTS sebagai grup Korea favoritnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti melakukan wawancara sebanyak 3 kali dengan konsumen dengan wawancara mengenai aspek yang memotivasi subjek untuk melakukan perilaku pembelian impulsif. Peneliti juga melakukan wawancara kepada informan mengenai pembelian impulsif subjek terhadap barang barang yang berhubungan dengan BTS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek melakukan pembelian impulsif dengan memotivasi dirinya untuk dapat selalu mendukung BTS dengan cara membeli barang yang dijual. Subjek juga tidak mementingkan apabila barang tersebut tidak berfungsi dan rusak pada
saat pengiriman, subjek hanya merasa bahwa dirinya perlu untuk membelinya.
dibandingkan kegunaan dari barang yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pembelian impulsif yang dilakukan oleh subjek A berusia 21 Tahun yang mengidolakan BTS sebagai grup Korea favoritnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti melakukan wawancara sebanyak 3 kali dengan konsumen dengan wawancara mengenai aspek yang memotivasi subjek untuk melakukan perilaku pembelian impulsif. Peneliti juga melakukan wawancara kepada informan mengenai pembelian impulsif subjek terhadap barang barang yang berhubungan dengan BTS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek melakukan pembelian impulsif dengan memotivasi dirinya untuk dapat selalu mendukung BTS dengan cara membeli barang yang dijual. Subjek juga tidak mementingkan apabila barang tersebut tidak berfungsi dan rusak pada
saat pengiriman, subjek hanya merasa bahwa dirinya perlu untuk membelinya.
Kertamuda, Fatchiah - Personal Name
Putri, Alfiany Hasanudin - Personal Name
Dicsy, Devy Gladia - Personal Name
Aidiyya, Mayya - Personal Name
Ichtiar, Nadia Alysha Ardelia - Personal Name
Putri, Alfiany Hasanudin - Personal Name
Dicsy, Devy Gladia - Personal Name
Aidiyya, Mayya - Personal Name
Ichtiar, Nadia Alysha Ardelia - Personal Name
LPD 0036
LPD
e-Laporan Hasil Penelitian
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
139 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...