Implementasi Komunikasi Persuasif Penggalanagan Dana Kitabisa Melalui Media Sosial Instagram
Penggalangan dana adalah suatu proses pengumpulan kontribusi sukarela dalam bentuk uang atau sumber daya lain dengan meminta sumbangan dari individu, perusahaan, yayasan, atau lembaga pemerintah. Kitabisa adalah salah satu crowdfunding platform (donasi secara online) di Indonesia. Banyak kelebihan donasi secara online, tetapi maraknya penipuan online membuat khalayak (calon donatur) enggan berpartisipasi dalam program ini. Sehingga perlu adanya pendekatan komunikasi persuasif antara campaigner dan calon donatur untuk mendorong partisipasi khalayak. Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi Implementasi Komunikasi Penggalangan Dana Kitabisa melalui Media Sosial Instagram. Metode penelitian menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan sifat penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah divisi Campaign Strategist dan Officer Kitabisa. Hasil Penelitian, yaitu dalam mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi dan melakukan penggalangan dana Kitabisa melaui media sosial Instagram menggunkan tiga pendekatan, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Kesimpulannya implementasi komunikasi persuasif yang digunakan pada penggalangan dana di Kitabisa melalui media sosial Instagram, yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek konatif.
Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Penggalangan Dana, Kitabisa, Instagram
Jumlah Keseluruhan: 148 Halaman, 18 Gambar, 7 Tabel
Jumlah litereratur: 23 buku, 5 situs, 3 jurnal
Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Penggalangan Dana, Kitabisa, Instagram
Jumlah Keseluruhan: 148 Halaman, 18 Gambar, 7 Tabel
Jumlah litereratur: 23 buku, 5 situs, 3 jurnal
Holy Heryanto - Personal Name
118106103 - Holy Heryanto
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...