Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Analisis Semiotika Kanal Youtube Kimbab Family Tentang Destinasi di Korea Selatan Selama Pandemi Covid-19

Youtube berperan besar dalam menyampaikan pesan di era digital sehingga membuka peluang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan hingga organisasi. Korean Tourism Organization(KTO) Jakarta instansi resmi pariwisata Korea Selatan menggunakan sponsorship Youtube sebagai salah satu strategi pemasaran dalam mempromosikan destinasi wisata dengan berkolaborasi dengan kanal Kimbab Family. Dalam mewujudkan komunikasi yang efektif diperlukan penyampaian pesan yang baik oleh pengirim pesan. Melalui komunikasi sehari-hari yang dikemas dalam vlog, Kimbab Family menyiratkan makna dalam berbagai tanda yang ditunjukkan untuk mempromosikan destinasi di Korea Selatan. Diperlukannya analisa metode semiotika untuk mengklasifikasikan tanda menurut maknanya. Penelitian ini akan menggunakan teori semiotika Charles S. Pierce dengan tiga elemen turunannya, yaitu tanda, objek, dan interpretasi. Metodologi Penelitian: Kualitatif dengan metode semiotika deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi. Unit analisis kanal Youtube Kimbab Family vlog Family Friendly “Keliling SEOUL lagi! Dari pagi sampai malam!! 아침부터 밤이될 때까지하는 서울 가족 여행!!” yang berdurasi 20 menit 52 detik. Hasil Penelitian menunjukkan makna tanda yang terkandung dalam vlog Family Friendly berbentuk gaya bicara, gaya berpakaian, sikap, backsound, special effect, dan latar tempat. Lalu objek ini sebagai tanda fisik yang maknanya sudah dipahami oleh masyarakat luas, seperti pemakaian dua bahasa, subtitle, ekspresi, gambar, gerakan tubuh. Sedangkan interpretasi yang dimiliki berasal dari tanda yang ada dalam benak anggota Kimbab Family terhadap objek atau destinasi yang dikunjung dilandasi oleh pengalaman mau pun pengetahuan. Kesimpulan dan Saran: Kimbab Family sebagai penyampai pesan menggunakan tanda-tanda dalam rangka promosi destinasi wisata di Korea Selatan. Tanda berdasarkan elemen segitiga makna Charles S. Pierce yang terkandung dalam kanal Youtube Kimbab Family vlog Family Friendly sebanyak 48 tanda, 40 objek, dan 27 interpretasi. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan wawancara dengan objek penelitian yaitu Kimbab Family mau pun KTO Jakarta, atau dapat juga menelitinya dengan pendekatan kuantitatif untuk menghasilkan temuan atau data dari sudut pandang lain.

Kata Kunci: Analisa Isi, Semiotika Pierce, Kimbab Family
Daftar Pustaka: 19 Buku (2005-2020), 7 Jurnal (2014-2021), 8 Media Online (2019-2021)
Iffah Sabrina - Personal Name
119206009 - Iffah Sabrina
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...