Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Hubungan Implementasi Corporate Social Responsibility dan Kesesuaian Ekspektasi Penerima Beasiswa Pendidikan Dengan Corporate Reputation Sampoerna Group

Reputasi perusahaan merupakan investasi jangka panjang yang dapat dilakukan melalui implementasi corporate social responsibility (CSR). CSR sebagai komitmen dunia usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan turut serta dalam pengembangan pembangunan sosial. Implementasi CSR dapat menjadi medium yang merepresentasikan nilai perusahaan dalam menghadapi situasi sosial sebagai bagian dari sistem yang lebih luas. Upaya menyesuaikan ekspektasi untuk meminimalisir kesenjangan nilai perusahaan dan masyarakat menjadi salah satu tujuan untuk menumbuhkan reputasi perusahaan di tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengukur sejauh mana hubungan antara implementasi CSR dan kesesuaian ekspektasi penerima beasiswa pendidikan dengan reputasi perusahaan Sampoerna Group. Peneliti melakukan survei jajak pendapat kepada beberapa alumni Sampoerna University sebagai sampel yang telah menyelesaikan masa studi dengan beasiswa pendidikan Sampoerna Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CSR dengan reputasi perusahaan Sampoerna Group memiliki hubungan yang signifikan. Begitu juga dengan variabel kesesuaian ekspektasi penerima beasiswa pendidikan dengan reputasi perusahaan Sampoerna Group juga menunjukan hasil signifikan. Implementasi CSR dan kesesuaian ekspektasi memiliki persentase kategori tinggi yang dominan, sedangan persentase variabel reputasi perusahaan didominasi oleh kategori sedang. Meskipun implementasi berjalan secara efektif, pelaksanaan secara teknis harus berdasarkan pada perencanaan yang mempertimbangkan kesesuaian nilai sosial terutama pada ekspektasi masyarakat terhadap pelaksanaan CSR perusahaan. Lemahnya hubungan antara implementasi CSR dan menengahnya hubungan ekspektasi penerima beasiswa dengan reputasi perusahaan menegaskan bahwa kesesuaian ekspektasi masyarakat memiliki arti penting untuk mengkonstruksi harmonisasi hubungan antara masyarakat dengan perusahaan melalui implementasi CSR.

Kata Kunci : Implementasi, Corporate Social Responsibility, Ekspektasi, Reputasi, Sampoerna Group
Ratih Triutami Wijayanti - Personal Name
220221006 - Ratih Triutami Wijayanti
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2021
Jakarta
85 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...