Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea "Start Up" Terhadap Minat Kerja di Perusahaan Rintisan

Latar belakang, konvergensi media menciptakan akses informasi dan internet yang meluas membuat adanya gelombang Korean Wave yang banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya drama Korea “Start Up”, yang di produksi oleh channel TvN bisa kita akses dimana saja dan kapan saja. Drama tersebut berisikan tentang kisah anak muda yang merintis karir sebagai entrepreneur di sebuah perusahaan rintisan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan tayangan drama Korea “Start Up” terhadap minat kerja di perusahaan rintisan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei yang sifatnya eksplanatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pengikut akun Instagram @wowkdrama.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Untuk analisis data, menggunakan SPSS 20, menghitung uji Correlations Pearson’s, Regresi Linear Sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea “Start Up” berdasarkan dimensi frekuensi dan durasi berada dalam kategori kelas interval sedang yaitu sebanyak 84 orang responden (84%) dan dimensi durasi sebanyak 93 orang (93%), sedangkan atensi berada pada kelas interval tinggi yaitu sebanayak 86 orang responden (86%). Hasil korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup antara terpaan tayangan drama Korea “Start Up” terhadap minat kerja di perusahaan rintisan yaitu sebesar 0,400. Sementara hasil regresi linear sederhana dengan nilai R Square sebesar 0,160, artinya terpaan tayangan drama Korea “Start Up” mempunyai kontribusi sebesar 16% dalam upaya mempengaruhi minat kerja di perusahaan rintisan khususnya responden dari pengikut Instagram @wowkdrama.id dan sisanya sebanyak 84% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kesimpulanyang dapat disumpulkan bahwa terpaan tayangan drama Korea “Start Up” cukup efektif dalam mempengaruhi minat kerja di perusahaan rintisan khususnya responden pengikut akun Instagram @wowkdrama.id. Dalam penelitian ini diharapkan kedepannya tayangan drama terutama dari lokal mampu membuat tayangan yang dapat dikemas dan diterima lebih baik sesuai dengan unsur-unsur hukum dan etika pada media agar dapat mempengaruhi dan memberikan inspirasi minatkerja di masyarakat terutama mengembangkan karirnya di bidang entrepreneur.

Kata kunci: Terpaan Tayangan, Drama Korea Start Up, Instagram, Minat Kerja
Daftar Pustaka: 37 Buku, 4 Jurnal, 8 Website
Ade Irma Aprillia - Personal Name
117106065 - Ade Irma Aprillia
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2021
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...