Pengaruh Konten Buss It Challenge Tiktok Terhadap Sikap Konsumerisme di Kalangan Mahasiswa Universitas Paramadina
Latar Belakang: Konten merupakan bagian terpenting dalam proses komunikasi dalam dunia media sosial saat ini. Pada saat ini, sebuah konten dapat dibuat dan dikembangkan oleh siapapun seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Perkembangan tekonologi internet yang semakin pesat menyebabkan munculnya beragam aplikasi yang memudahkan kita untuk menciptakan konten sesuai dengan keinginan kita . TikTok merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan fitur pembuatan konten yang saat ini merupakan aplikasi konten secara global. TikTok sendiri sudah ada di Indonesia dengan nama Musical.ly saat itu dan memiliki fitur konten berupa video singkat dengan durasi minimal 15 detik dan maksimal 60 detik. TikTok pun dikenal sebagai aplikasi yang dapat membesarkan nama seseorang melalui sebuah konten yang dibuatnya sehingga konten tersebut dinamakan konten viral. Salah satu konten viral tersebut adalah konten Buss It Challenge, sebuah konten dengan konsep yang menampilkan pakaian mewah dan ingin mengukur pengaruh konten terhadap sikap konsumerisme di kalangan mahasiswa Universitas Paramadinadengan menggunakan unsur pengaruh konten, yaitu visual kontendan unsur content creator. Tujuan Penelitian:Untukmengukur sejauh mana Pengaruh Konten “Buss It Challenge” TerhadapSikap Konsumerisme di Kalangan Mahasiswa Universitas Paramadina. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang dilakukan untuk melihat pengaruh konten “Buss It Challengeterhadap Sikap Konsumerisme. Data penelitian didapatkan dengan penyebaran kuesioner pada laki-laki dan perempuan yang merupakan mahasiswa Universitas Paramadina berusia 20 –25 tahun sebanyak 100 responden yang diambil dari teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel snowball. Data yang diperoleh, kemudian diolah dengan menggunakan uji Correlations Pearson‘s dan Regresi Linear Sederhana menggunakan aplikasi program SPSS v26 Hasil Penelitian: Terdapat hubungan yang positif antara variabel pengaruh kontenterhadap Sikap Konsumerisme, serta memiliki hubungan yang kuatdi antara keduanya dengan hasil uji korelasi 0,613. Selain itu, berdasarkan analisis regresi, menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang tidak terlalu signifikan dari variabel pengaruh kontenterhadap sikap konsumerismedengan proposi pengaruh pengaruh kontensebesar 37,6%. Besarnya pengaruh dimensi daripengaruh konten “Buss It Challenge”terhadap Sikap Konsumerismeberdasarkan nilai R square yaitu unsur visual konten memberikan kontribusi sebesar 24%, unsur content creatormemberikan kontribusi sebesar 21,2%. Kesimpulan:Pengaruh Konten “Buss It Challenge”memiliki pengaruh terhadap sikap konsumerisme di kalangan mahasiswa Universitas Paramadinaadalah sebesar 37,6%. Selebihnya, yaitu 62,4% lainnya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Pengaruh Konten, Sikap Konsumerisme, Buss It Challenge
Jumlah Literatur: 13buku (2002 –2017),10 Jurnal,6 situs website
Kata Kunci: Pengaruh Konten, Sikap Konsumerisme, Buss It Challenge
Jumlah Literatur: 13buku (2002 –2017),10 Jurnal,6 situs website
Yakub Felix Zein - Personal Name
117106011 - Yakub Felix Zein
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2021
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...