Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Perceived Quality Spotify Premium Terhadap Loyalitas Pelanggan

Di era digital ini, Spotify hadir dengan layanan hiburan berupa streamingmusik secara digital yang memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan lagu-lagu sesuai dengan genre kesukaan mereka baik secara onlinemaupun offline dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi Spotify. Pengguna dapat menikmati musik dengan layanan berbayar yang memberikan fitur-fitur yang tidak didapatkan dari layanan gratis. Spotify Premium merupakan salah satu layanan berbayar streaming musik untuk memberikan penggunanya pengalaman menikmati musik terbaik dengan fitur-fitur terbaik yang telah disediakan perusahaan Spotify. Persaingan ketat antara perusahaan dalam kategori aplikasi streaming musik, perusahaan Spotify harus memiliki persepsi kualitas yang kuat untuk mempertahankan maupun meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan persepsi kualitas yang kuat, akan mendorong pelanggan untuk loyal dengan aplikasi Spotify sebagai pilihan mereka untuk streaming musik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perceived quality Spotify Premium terhadap loyalitas pelanggan khususnya followers Instagram @Spotify yang berasal dari Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei, peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan followers Instagram @Spotify. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis korelasi Pearson’s Correlation dan regresi linier sederhana dengan alat bantu SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dua variabel yaitu variabel X (perceived quality) dan variabel Y (loyalitas pelanggan). Tingkat hubungan antara dua variabel tersebut adalah cukup berarti dan menunjukkan arah hubungan yang positif yaitu sebesar 0,487. Pada penelitian ini perceived quality Spotify Premium memiliki pengaruh sebesar 58,9% terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan 41,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah sebaikanya perusahaan Spotify meningkatkan kualitas pelayanannya dalam menanggapi keluhan pelanggan dan memberikan solusi terbaik atas keluhan pelanggan juga perusahaan Spotify harus mempertahankan kualitas fitur-fitur dari layanan Spotify Premium.

Kata Kunci: Perceived Quality, Spotify Premium, Loyalitas Pelanggan Daftar Pustaka: 43 buku, 1 jurnal, 1 skripsi, 6 situs.
113106103 - Nadhira Nurfitriana Ginting
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2020
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...