Analisa Semiotika Pada Iklan Youtube PT Daihatsu Ayla (Versi Habis PD Terbitlah Asik #SemuaJadiAsik)
Latar Belakang: Perkembangan teknologi pada saat ini telah membawa dampak besar ke berbagai ranah komunikasi tidak terkecuali ke ranah periklanan. Berkembangnya teknologi membawa perkembangan pada iklan yang dibuat baik itu perkembangan media yang digunakan, hingga kreativitas orang di balik iklan itu sendiri. Saat ini telah bermunculan media komunikasi yang menjadi sarana untuk menaruh iklan contohnya media sosial yang saat ini telah menjadi trend. Berbagai media sosial yang digunakan untuk menyebarkan iklan memiliki keunggulan masing-masing tidak terkecuali dengan media sosial Youtube. Banyak perusahaan yang menggunakan Youtube sebagai sarana menyebarkan iklan mereka. Tujuannya adalah dengan mengikuti perkembangan dan ingin produk mereka dikenal oleh khalayak, dengan inti iklan yang sebuah perusahaan buat harus bisa menyampaikan pesan yang baik agar bisa diterima masyarakat. Penyampaian pesan pada iklan tidak melupakan berbagai unsur komunikasi yang digunakan contohnya jenis pesan yang ingin disampaikan, antara lain pesan non-verbal. Ternyata pesan non-verbal atau yang biasa dikenal sebagai ilmu semiotika memiliki makna tersendiri dari adanya sebuah iklan dan menjadikan iklan tersebut melekat di hati penontonnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi anak muda menggunakan teori semiotika yang ada pada iklan PT Daihastsu Ayla yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Citra Pariwara tahun 2018 di kategori Gold Medal. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan peneliti sebagai subjek dalam meobservasi iklan itu sendiri dengan bantuan literatur yang ada. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa iklan yang ditayangkan oleh PT. Daihatsu Ayla telah merepresentasikan anak muda dengan ditunjukkannya nilai yang merepresentasikan anak muda yang sesuai dengan karakteristik pada saat ini terutama di usia dewasa, seperti keinginan dianggap oleh lingkungan sekitar, memiliki rasa percaya diri, eksistensi, mencari jati diri dan semangat yang kuat.
Kata Kunci: Analisa Semiotika, Iklan.
Kata Kunci: Analisa Semiotika, Iklan.
Titi Pramesti - Personal Name
SKRIPSI
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2021
Jakarta
xi + 78 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...