Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Kreatif Program The Police Trans7 Dalam Membangun Citra Polisi

Banyak masyarakat dahulu menganggap polisi memiliki citra yang buruk, beberapa masyarakat merasa telah diintimidasi oleh oknum polisi. Masyarakat menilai polisi sering melakukan pungli untuk beberapa kasus yang terjadi di jalanan. Namun kini Institusi Polri sudah memperbaiki diri, dibuktikan dengan makin baiknya citra polisi dimata masyarakat. Polisi kini sudah mulai menggunakan media untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat, salah satunya adalah media massa melalui televisi. The Police merupakan sebuah program yang dimiliki oleh stasiun televisi Trans7 yang menayangkan berbagai kegiatan polisi. Program ini bekerjasama dengan NTMC Polri bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan stigma masyarakat terhadap instansi kepolisian menjadi lebih baik lagi. Dengan menampilkan sosoksosok humanis dalam tayangan program ini juga membuat citra polisi menjadi baik. Strategi kreatif dalam sebuah program televisi sangat dibutuhkan untuk membuat tayangan yang dapat menarik minat masyarakat untuk menonton sehingga informasi yang disajikan dapat tersampaikan kepada masyarakat dan share yang didapat diharapkan juga sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa strategi kreatif, program televisi akan susah untuk mencapai target yang diinginkannya, karena ide atau konsep yang beda dari yang lain dan memiliki keunikan tersendiri akan membuat penonton menjadi ingin menonton program tersebut dan menjadikan informasi yang ingin disampaikan akan lebih mudah tersampaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi kreatif yang digunakan oleh tim The Police dalam membuat tayangan untuk mempertahankan citra polisi yang sudah baik. Penelitian ini mengacu kepada teori Strategi Kreatif Dan Proses Pembuatan Program Televisi. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah deskribtif kualitatif, teknik analisa data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk beberapa strategi yang digunakan program The Police Trans7 meliputi strategi pembuatan ide, strategi positioning, strategi pengimplementasian dan evaluasi mampu untuk membuat tayangan yang dapat mempertahankan citra polisi.

Kata Kunci: Strategi Kreatif, Program Televisi, Reality Show, The Police Trans7
Rivaldi Widianto - Personal Name
118106045 - Rivaldi Widianto
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2020
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...