Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Mencuri Atensi, Menjual Atensi Khalayak Program Berita (Komodifikasi Program Berita CNN Indonesia Good Morning di Trans TV)

Penelitian ini bertolak dari salah satu program berita CNN Indonesia TV yaitu CNN Indonesia Good Morning di Trans TV yang dikemas sedemikian rupa untuk menarik perhatian penonton. Di dalam program tersebut terdapat konten bersponsor dan program diisi banyak iklan. CNN Indonesia TV sendiri adalah TV digital Free To Air (FTA) penyedia program-program berita 24 jam, sementara Trans TV ―sang kakak‖ di grup Trans Media merupakan TV analog FTA penyedia program hiburan (general entertaiment). Penulis melihat CNN Indonesia Good Morning bertindak sebagai sebuah stasiun TV dan sebagai penyedia konten (content provider). Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana praktek komodifikasi berlangsung di CNN Indonesia TV khususnya program berita CNN Indonesia Good Morning di Trans TV. Untuk meneliti praktek komodifikasi ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tingkat eksplanasi deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Dalam realitas sosial, keberadaan Peneliti dekat dengan objek penelitian yaitu merupakan karyawan CNN Indonesia TV. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur, observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam kepada 19 informan dari level Direktur hingga Manajer atau Kepala Departemen dan Staf Senior baik dari CNN Indonesia mau pun grup Trans Media. Ada pula dua Direktur CNN di kawasan Asia Pasifik. Ditambah satu informan dari sebuah Biro Iklan. Hasil penelitian menunjukkan program Good Morning dan informasinya dikemas sedemikian rupa dan telah menjadi komoditas pencetak profit bagi perusahaan. Program CNN Indonesia Good Morning telah melakukan praktek komodifikasi secara menyeluruh yaitu: komodifikasi konten, khalayak, pekerja, imanen dan komodifikasi diperpanjang. Komodifikasi dilakukan untuk mendapatkan untung dan CNN Indonesia bertahan di industri media di tengah belum jelasnya revisi Undang-undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002 yang mengatur tentang digitalisasi lembaga penyiaran, perubahan siaran dari analog ke digital. Komodifikasi program berita Good Morning adalah salah satu bentuk adaptasi media CNN Indonesia. Terus beradaptasi sama dengan komodifikasi program berita Good Morning tanpa henti, yang dimungkinkan idealisme media dan pekerjanya berjalan seiring dengan pragmatisme bisnis mencipta profit.

Kata Kunci: Komodifikasi, Program Berita, CNN Indonesia TV, Trans TV, Undang-undang Penyiaran, Profit
217121020 - Dewi Artiwi Susanti Arini Wijaya
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2020
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...