Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Celebrity Endorser Dwi Handayani Dalam Iklan Instagram Flamenta Jewellery Terhadap Keputusan Membeli

Latar Belakang: Pada awalnya peneliti ingin mengetahui fenomena media sosial saat ini yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran, selain itu peneliti tertarik dengan salah satu media sosial Instagram yang saat ini banyak digunakan produsen kecil maupun besar untuk melakukan periklanan. Peneliti juga ingin mengetahui apakah menggunakan seorang selebriti Instagram mampu untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut yang membuat peneliti ingin mengetahui pengaruh selebriti Instagram yang digunakan Flamenta Jewellery untuk melakukan periklanan. Dwi Handayani adalah seorang selebriti yang ingin di teliti seberapa besar nilai yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk. Metodologi: dalam yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Objek penelitiannya adalah pengikut akun Instagram celebrity endorser Dwi Handayani yang berjumlah 100 pengikut. Teknik pengambilan samplingnya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden dan kepustakaan dari literatur yang ada. Kemudian data dikumpulkan, dianalisa, dan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik pearson’s correlation. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Nilai hubungannya Kuat sebesar (0,680) yang menujukkan arah hubungannya positif. Dengan penilaian baik terhadap penggunaan celebrity endorserDwi Handayani dalam iklan Instagram Flamenta Jewellery dan penilaian followers Instagram Dwi Handayani cenderung tinggi terhadap pembentukan keputusan membeli produk Flamenta Jewellery. Similarity menjadi salah satu faktor X yang memiliki nilai tertinggi untuk korelasi dan regresi. Untuk faktor Y Attention dan Retention yang memiliki nilai yang tertinggi.Kesimpulan: Penggunaan Dwi Handayani sebagai celebrity endorser pada iklan Instagram Flamenta Jewellery memiliki kontribusi sebesar 46,3% dalam upaya membentuk keputusan membeli dari followers akun Instagram @dwihandayani. Tentunya 46,3% ini nilai yang paling tinggi adalah faktor kesamaan responden dengan Dwi Handayani, kemudian hasil penelitian ini Responden merasa tertarik dengan akun Dwi Handayani dan merasa produk yang miliki sesuai dengan karakteristik responden. Selebihnya 53,7% terbentuk akibat dari pengaruh faktor lainnya diluar penelitian ini, diantaranya design, faktor lingkungan, melihat iklan dari celebrity endorserlain, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Kata Kunci: celebrity endorser, Iklan, Instagram, keputusan membeli
Aditya Ahmad Fauzi - Personal Name
115106020 - Aditya Ahmad Fauzi
SKRIPSI IKOM
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2020
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...