Pengaruh Freferensi Merk dan Promosi Penjualan Instagram @Gojekpromo Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek di Kalangan Mahasiswa di Jakarta
Latar Belakang: Perkembangan Jasa Transportasi Online akhir-akhir ini marak bermunculan di Indonesia, sehingga para pemilik usaha “Transportasi Online” ini, berlomba-lomba melakukan kegiatan komunikasi yang ditujukan kepada konsumennya untuk merebut pasar dan meningkatkan loyalitas konsumennya. Salah satu Perusahaan yang melakukan ini adalah Gojek yang merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi yang berbasis “online” yang pertama kali hadir pada tahun 2010 sebagai perusahaan transportasi online roda dua melalui panggilan telepon. Untuk meningkatkan loyalitas konsumennya, teknik komunikasi yang dilakukan Gojek adalah dengan meningkatkan preferensi merek dan juga melakukan promosi penjualan di Instagram @gojekpromo guna meraih pasar, terutama pada pasar anak muda. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui seberapa besar pengaruh preferensi merek dan promosi penjualan di Instagram @gojekpromo terhadap loyalitas pelanggan GojekMetode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi eksplanatif dengan menggunakan satu tektik pengumpulan data, yaitu kuesioner yang disebarkan ke 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Untuk teknik analisa data, menggunakan SPSS 16, menghitung uji correlation Pearson,Regresi Berganda, dan Uji Asumsi Klasik. Hasil Penelitian: ada hubungan yang signifikan antara preferensi merek dengan loyalitas konsumen sebesar 0.791 dan hubungan antara promosi penjualan dengan loyalitas konsumen sebesar 0.568. sementara hasil regresi berganda menunjukkan Preferensi merek memiliki kontribusi sebesar 62,5% dalam upaya mempengaruhi loyalitas konsumen Gojekdan Promosi penjualan memiliki kontribusi sebesar 32.2% dalam upaya mempengaruhi loyalitas konsumen Gojek, Kesimpulan: preferensi merek memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan loyalitas konsumen secara langsung. Sedangkan untuk promosi penjualan yang dilakukan di Instagram @gojekpromo, tidak terlalu signifikan pengaruhnya terhadap peningkatan loyalitas konsumen Gojek
Kata Kunci: Preferensi Merek, Promosi Penjualan, Loyalitas Konsumen, Gojek, Komunikasi Jumlah Literatur : 50 buku (2003-2016) , 11 Situs Website , 6 Jurnal
Kata Kunci: Preferensi Merek, Promosi Penjualan, Loyalitas Konsumen, Gojek, Komunikasi Jumlah Literatur : 50 buku (2003-2016) , 11 Situs Website , 6 Jurnal
Anisa Paramartha - Personal Name
114106004 - Anisa Paramartha
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2018
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...