Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online (Grab Bike) di DKI Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan serta mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap transportasi online (Grab bike) di DKI Jakarta dengan indikator variabel kualitas pelayanan yang meliputi Tangible (bukti langsung), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Empathy dan Assurance (jaminan). Sampel penelitian ini adalah seluruh pelanggan transpirtasi ojek online (Grab bike) di DKI Jakarta. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji statistik deskriptif, uji hipotesis yang terdiri dari uji signifikasi parameter individual (uji – t) dan uji F, uji koefisien determinasi (R2) serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan
hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji t diterima pada taraf signifikansi 5% untuk variabel Assurance dan Responsiveness artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan untuk variabel Tangible, Reliability dan Emphaty tidak memiliki pengaruh secara nyata terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diterima pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Tangible, Reliability, Emphaty, Assurance dan Responsiveness secara bersama – sama terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kualitas pelayanan (Tangible , Reliability, Responsiveness, Empathy dan Assurance), kepuasan pelanggan
hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji t diterima pada taraf signifikansi 5% untuk variabel Assurance dan Responsiveness artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan untuk variabel Tangible, Reliability dan Emphaty tidak memiliki pengaruh secara nyata terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diterima pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Tangible, Reliability, Emphaty, Assurance dan Responsiveness secara bersama – sama terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kualitas pelayanan (Tangible , Reliability, Responsiveness, Empathy dan Assurance), kepuasan pelanggan
Firmansyah - Personal Name
116208015 - Firmansyah
Skripsi PMJ
Indonesia
Universitas Paramadina
2019
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...