Efektivitas Program Menulis Write It Dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa SMP di Jakarta Saat Akan Menghadapi Ujian
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program menulis Write It dalam menurunkan tingkat stres academic overload siswa SMPN 81 Jakarta. Stres akademik dinilai sebagai suatu kondisi Academic Overload pada siswa dalam menjalankan kegiatan sehari-hari di sekolah. Siswa SMPN 81 dipilih sebagai subjek penelitian karena dikenal sebagai salah satu sekolah favorit di Jakarta Timur. Dalam penelitian ini, untuk mengukur tingkat stres akademik siswa digunakan alat ukur Questionnaire of Academic Stress in Secondary Education (QASSE). Skor yang didapatkan dijadikan sebagai baseline dan skor akhir sebagai salah satu acuan indikasi keefektifan program Write It yang dilakukan. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan tipe nonrandomized pretest-posttest control group design dengan total responden sebanyak 22 orang (11 orang kelompok eksperimen, 11 orang kelompok kontrol). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Mann-Whitney U Test dan didapatkan hasil p = 0.002 (p < 0.05). Untuk memperdalam pemahaman peneliti mengenai keefektifan program yang dilakukan, peneliti juga melakukan interview kepada beberapa responden. Peneliti menggali pendapat responden mengenai program Write It yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program menulis Write It efektif dalam menurunkan tingkat stres academic overload siswa SMPN 81 Jakarta.
Kata kunci: menulis, stres akademik, academic overload, siswa, sekolah
menengah pertama
Daftar Pustaka: 68, 1984-2018
Kata kunci: menulis, stres akademik, academic overload, siswa, sekolah
menengah pertama
Daftar Pustaka: 68, 1984-2018
Tiara Prima Setiani - Personal Name
115107013 - Tiara Prima Setiani
Skripsi PPS
Indonesia
Universitas Paramadina
2019
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...