Pengaruh Efektivitas Kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID” Terhadap Brand Loyalty OONA
Latar Belakang: Teknologi yang semakin berkembang dan munculnya kecanggihan internnet membuat bisnis juga berkembang secara dinamis. Hal tersebut menjadi pemicu munculnya perusahaan rintisan (startup). Salah satu startup tersebut adalah OONA, yang bergerak dibidang video streaming. Perkembangan teknologi ini membuat teknik pemasaran juga berkembang. Pada dunia startup dikenal dengan sistem growth hacking dimana marketers melakukan inisiatif-inisiatif baru guna memaksimalkan strategi pemasaran dengan meminimalisir biaya. Salah saru bentuk growth hacking yang dilakukan oleh OONA adalah membuat kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID” guna meningkatkan brand loyalty. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pengaruh efektivitas kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID” terhadap brand loyalty OONA. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, untuk melihat pengaruh pengaruh efektivitas kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID” terhadap brand loyalty OONA. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada pemenang kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID” periode September 2018 – Januari 2019 sebanyak 64 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling, data yang telah didapat selanjutnya diolah menggunakan Pearson’sCorrelation dan Regresi Linear Sederhana. Hasil Penelitian: Menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara efektivitas kampanye "Ngebet, Ngebut, NgeBID” dengan brand loyalty OONA, dengan hasil uji korelasi sebesar 0,865. Selain itu berdasalkan hasil analisis regresi, memiliki pengaruh yang tinggi antara efektivitas kampanye terhadap brand loyalty. Pengaruh yang dimiliki keduanya sebesar 74.8%. Besarnya pengaruh dimensi dari efektivitas kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID” terhadap brand loyalty berdasarkan nilai r square yaitu kognitifmemberikan kontribusi sebesar 55.6%, afektif memberikan kontribusi sebesar 55.5% dan konatif memberikan kontribusi sebesar 78.7%. Kesimpulan: Efektivitas kampanye terhadap brand loyalty OONA memiliki pengaruh yang kuat dalam meningkatkan brand loyalty pada pemenang kampanye “Ngebet, Ngebut, NgeBID”. Pengaruhnya sebesar 74.8%, sedangkan sisanya sebesar 25.2% dipengaruhi faktor – faktor lainnya di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Efektivitas Kampanye, Brand Loyalty, OONA
Jumlah Literatur : 8 buku (2002 – 2014)
Kata Kunci : Efektivitas Kampanye, Brand Loyalty, OONA
Jumlah Literatur : 8 buku (2002 – 2014)
Faujan Ari Isnandar - Personal Name
115106018 - Faujan Ari Isnandar
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2019
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...