Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Analisis Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility Disclosure) Terhadap Profitabilitas Perusahaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap profitabilitas perusahaan terhadap perusahaan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2016, sementara sampel dari penelitian ini yaitu perusahaan-perusahaan retail yang memiliki laporan keuangan dan laporan tahunan lengkap yang datanya memenuhi kriteria yang penulis ajukan. Data dikumpulkan melalui metode observasi data sekunder. Kemudian dilakukan metode yang meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Untuk menganalisis data menggunakan software SPSS versi 20.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji t secara parsial Pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh positif signifikan terhadap ketiga profitabilitas yang diuji. Sedangkan pada variabel control secara parsial Leverage mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap ROA, dan Total Asset berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, sedangkan Sales Growth berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA. Pada model kedua, secara parsial Leverage mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap ROE, sedangkan Total Asset dan Sales Growth berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROE. Pada model ketiga, secara parsial Leverage, Total Asset dan Sales Growth berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap NPM.

Berdasarkan uji simultan (uji F) Pengungkapan tanggung jawab sosial, Leverage, Total Asset, Sales Growth memiliki pengaruh signifikan terhadap Profitabilitas yang diukur dengan ROA, ROE dan NPM. Pengungkapan tanggung jawab sosial secara keseluruhan pada perusahaan retail di Indonesia masih tergolong kecil, dilihat dari rendahnya rata-rata indeks CSRD yaitu sebesar 0,1854 atau sekitar 18,54% item indikator CSRD diungkapkan dari keseluruhan item yang ada, sehingga diharapkan kedepannya perusahaan perusahaan retail bisa lebih aktif lagi dalam mengungkapkan tanggung jawab sosialnya.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan
Daftar Pustaka: 28 Buku, 3 Situs Website, 11 Jurnal
Khairunnisa - Personal Name
114108023 - Khairunnisa
Skripsi PMJ
Indonesia
Universitas Paramadina
2018
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...