Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Asosiasi Merek Penyedia Layanan Transportasi Online Indoneia Melalui Sosial Media

Kehadiran transportasi online di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan dengan segala aktivitas yang mereka miliki. Adanya faktor kebutuhan dan keinginan yang semakin berkembang, juga menjadikan para perusahaan penyedia layanan transportasi online tidak hanya berfokus pada jasa transportasi saja. Selain memanfaatkan fungsi yang ditawarkan, perusahaan juga hadir dalam keseharian masyarakat dalam dunia digital melalui sosial media Instagram, @gojekindonesia untuk mewakili perusahaan Go-Jek Indonesia dan @grabid untuk mewakili Grab Indonesia. Terdapat 11 unsur asosiasi merek antara lain: asosiasi atribut produk, atribut tak berwujud, manfaat, harga relative, pengguna, penggunaan, orang terkenal, gaya hidup, kelas produk, kompetitor, dan wilayah atau negara. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi kuantitatif dengan metode survey. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang followers @gojekindonesia dan 100 orang followers @grabid. Penelitian ini dilakukan dengan pengujian asosiasi merek oleh Freddy Rangkuti dengan menghilangkan satu per satu nilai asosiasi yang paling kecil sehingga di dapat unsur yang menjadi asosiasi merek Go-Jek dan Grab dan menggunakan perbandingan pengujian Cochran (Q Test) dengan tabel Chi Square (X2). Hasil menunjukkan bahwa merek Go-Jek Indonesia melalui akun Instagram @gojekindonesia terasosiasi kepada 6 asosiasi, yakni asosiasi atribut, atribut tak berwujud, manfaat, gaya hidup, kelas produk, dan wilayah/negara, dan merek Grab Indonesia melalui @grabid terasosiasi kepada 3 asosiasi, yakni asosiasi gaya hidup, kelas produk dan wilayah/negara. Saran: Sebuah perusahaan yang memiliki merek seharusnya juga sebaiknya memanfaatkan dan memaksimalisasi penggunaan media social, khususnya Instagram dalam menarik perhatian dan memudahkan khalayak untuk mengingat mereknya melalui unsur-unsur seperti visualisasi dari akun, atau membangun keramahan melalui komunikasi dua arah yang terjadi di dalamnya. Jadi perusahaan benar-benar menjadikan media sosial sebagai salah satu wajah dari perusahaan yang harus dikemas dengan baik dan menarik serta melakukan komunikasi juga di dalamnya.

Kata Kunci: Asosiasi Merek, Transportasi Online, Instagram, Uji Cochran, Freddy Rangkuti
Daftar Pustaka: 29 Buku (2000 - 2016), 3 Websites
Tasya Fatikhah Geubrina - Personal Name
113106076 - Tasya Fatikhah Geubrina
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2018
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...