Pengaruh Isi Pesan Twitter @KemenkopUKM Terhadap Peningkatan Pemahaman Tentang Program Prioritas Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memiliki program prioritas pada Juli 2016 dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya serta kualitas belanja negara untuk mencapai pembangunan.Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah harus mempublikasikan program tersebut kepada masyarakat Indonesia yang salah satunya dengan menggunakan media sosial sebagai media publikasinya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh akurasi, transparansi, dan kredibilitas isi pesan akun Twitter @KemenkopUKM terhadap peningkatan pemahaman tentang program prioritas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang memiliki kriteria yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Populasi pada penelitian ini adalah followers dari akun @KemenkopUKM berjumlah 11.355 followers, berdasarkan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling maka didapatkan sampel dari penelitian ini adalah 100 responden. Perhitungan uji regresi linear sederhana variabel X terhadap Y menghasikan angka 13,1%, artinya pengaruh isi pesan Twitter @KemenkopUKM mempunyai kontribusi sebesar 13,1% dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang program prioritas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Selebihnya sebesar 86,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar dari konsep-konsep operasional penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh isi pesan terhadap peningkatan pemahaman tentang program prioritas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bagi followers-nya walaupun cukup rendah atau kecil. Sarannya dari penelitian ini memberikan infografis atau menyertakan link untuk memperjelas dan mempersingkat pembahasan serta mengoptimalisasikan media sosial lainnya seperti Instagram yang sedang banyak digunakan masyarakat Indonesia.
Kata Kunci: Pengaruh Isi Pesan, Peningkatan Pemahaman, Twitter, akun Twitter @KemenkopUKM
Daftar Pustaka: 32 buku, 2 dokumen, dan 4 website
Kata Kunci: Pengaruh Isi Pesan, Peningkatan Pemahaman, Twitter, akun Twitter @KemenkopUKM
Daftar Pustaka: 32 buku, 2 dokumen, dan 4 website
Nanda Aprilia - Personal Name
113106034 - Nanda Aprilia
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2017
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...