Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Opini Pengguna KRL Commuterline Melalui Akun @Commuterline

penelitian ini dibuat berdasarkan maraknya fenomena penggunaan Twitter oleh sebuah perusahaan sebagai media komunikasi dengan pelanggannya. Salah satu perusaahaan yang turut berpartisipasi dalam ramainya industri Twitter ialah Commuterline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini positif, netral, dan negatif para followers akun @CommuterLine. Metodologi Penelitian: penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode analisis isi deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah tweets periode 6 Juni6 Juli 2016 yang berjumlah 3125 tweets dengan sampel 97 tweets. Hasil Penelitian: terdapat 5 opini positif (5,15%), 50 opini netral (51,54%), 42 opini negatif (43,29%). Kesimpulan: Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam periode 6 Juni-6 Juli 2016 @CommuterLine di dominasi oleh opini netral sebanyak 50 opini (51,54%). Hal tersebut terbukti dengan tingginya nilai persentase pada opini negatif yang dilontarkan oleh followers akun twitter @CommuterLine. Saran: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi penelitian sejenis yang menggunakan metode analisis isi lainnya.

Kata Kunci : Analisis Isi, Twitter, Opini, @CommuterLine
Jumlah Literatur : 33 Buku (2000-2015), 1 e-book, 5 website
Vanny Putri Ghasani - Personal Name
114106085 - Vanny Putri Ghasani
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2017
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...