Analisis Pengaruh Kualitas Informasi Pada Akun Twitter @gojekindonesia Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Gojek (Studi Konsumen Followers Akun Twitter Resmi PT Gojek Indonesia)
PT. Go-Jek Indonesia (Gojek) adalah perusahaan yang aktif menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumennya dan media sosial Twitter ialah media yang paling aktif digunakan untuk berinteraksi dengan konsumennya. Informasi yang ada dalam akun Twitter resmi perusahaan (@gojekindonesia) tentunya harus diiringi dengan kualitas informasi yang kuat agar mencapai kepuasan dari pengguna jasa Gojek. Tujuan penelitian ini (1) Untuk menganalisis kualitas informasi yang ditampilkan pada akun Twitter @gojekindonesia. (2)Untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi yang ditampilkan oleh akun Twitter @gojekindonesia terhadap kepuasan informasi followersnya. Sampel dalam penelitian ini ialah 348 yang ditentukan dengan simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.Simpulan dari analisis yang dilakukan ialah sebagai berikut (1) Gojek telah menampilkan informasi yang berkualitas sesuai dengan kriteria kualitas informasi menurut Pearson pada akun Twitter resminya. Ciri kualitas informasi menurut Pearson yang dibagi menjadi tiga antara lain intrinsic viewdengan jawaban setuju masing-masing dimensi yakni akurat (43,7%),hemat waktu (51,4%) dan dan konsisten (48,6%). Contextbased view,terdiri dari informasi yang relevan (50.6%) dan kelengkapan informasi (53,2%).Representational view, penggunaan bahasa yang sederhana (62,1%) dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami (54%) telah tersaji pada setiap tweet yang ada pada akun Twitter @gojekindonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya jumlah responden yang menyatakan setuju atas setiap pernyataan mulai dari tabel 4.17 hingga tabel 4.24. (2) Secara bersama-sama atau simultan seluruh indikator variabel kualitas informasi, yaitu intrinsic view(X1),contextbased view (X2), dan representational view(X3) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel kepuasan pelanggan dari Gojek.
Kata kunci : Kepuasan Konsumen, Gojek, Media Baru, Interinsic View, Contextbased View, Representational View.
Kata kunci : Kepuasan Konsumen, Gojek, Media Baru, Interinsic View, Contextbased View, Representational View.
Amalia Zul Hilmi - Personal Name
214121001 - Amalia Zul Hilmi
TESIS PGSC
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2016
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...