Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Komunikasi Pemasaran Leegea.TV (Studi Deskriptif Media berbasis Web-Based Magazine TV)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran LEEGEA.TV sebagai media berbasis Web-Based Magazine TV. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak berstruktur, observasi, dan studi dokumen. Peneliti mengidentifikasi bagaimana langkah strategi komunikasi pemasaran berdasarkan langkah-langkah menurut Kotler dan Keller (2009: 516) diantaranya (1) mengidentifikasi target audiens, (2) menentukan tujuan komunikasi, (3) mendesain komunikasi, (4) memilih saluran komuniasi, (5) memutuskan penyelenggaraan bauran pemasaran, (6) mengukur hasil komunikasi, dan (7) mengelola proses komunikasi pemasaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target audiens berada di wilayah kota besar Indonesia, profesional, SES B+ hingga A+, usia 19-45 tahun, jenis kelamin wanita dan pria 50%, memiliki kecenderungan minat terhadap bidang lifestyle, serta memiliki status ekonomi baik terhadap tingkat daya dan kebutuhan beli yang tinggi. Objektif komunikasi sebagai category need, yang dimana khalayak saat ini membutuhkan informasi dengan praktis melalui teknologi komunikasi dan internet yang mendukung. Strategi pesan yang digunakan ialah membangun produk melalui konten yang menstimulasi produk sebagai kehidupan rutin (routine segment) dan menggunakan alat indera untuk menarik perhatian (sensory segment). Strategi kreatif melalui keunggulan produk yang menjadi simbol (brand image), mengangkat sisi gaya hidup (resonance), dan menstimulasi emosional agar menarik (emotional). Sumber pesan dilakukan oleh seluruh objek konten dan advertisement media. Saluran komunikasi personal melalui newsletter dan aktivitas media sosial melalui tagging & mention, sedangkan saluran komunikasi non-personal melalui Youtube, Facebook, Twitter, Path, Instagram, Pinterest, Tumblr, Soundcloud dan Snapchat, serta konsep magazine printed. Produk yang dibangun melalui konten Ridestyle, Glance, Deluxe & Delight, Hype, Beauty, Sport, dan Design, serta program Editor’s List, Business & Professional, dan Tea Time. Nilai yang dibangun dengan keselarasan warna dan gaya design. Didistribusi melalui domain utama www.leegea.tv dan media sosial. Promosi mengedepankan pada multimedia, multichannels, dan multiplatform. Pengukuran diihat dari tingkat viewers, followers, like, comment, dan repost. Pengelolaan dilakukan terhadap konten media dan peningkatan sisi user friendly platform media. Kesimpulan dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan LEEGEA.TV belum sepenuhnya optimal karena kegiatan bauran komunikasi yang dilakukan pada saluran komunikasi yang telah direncanakan belum berjalan dengan efektif.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, LEEGEA.TV, Web-Based Magazine, TV
Jumlah Literatur: 48 Buku (2001-2015), 6 Dokumen Internal Perusahaan, 2 Online Journal, 6 Website.

Zhika Rahma Safitri - Personal Name
112106006 - Zhika Rahma Safitri
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2016
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...