Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Perbandingan Opini Tamu Hotel terhadap Novotel dan Aston Bogor (Analisis Isi Website TripAdvisor)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak opini yang bernada positif,netral dan negatif mengenai Novotel dan Aston Bogor dilihat dari opini yang ditulis dalamwebsiteTrip Advisor dan mengetahui kategori kualitas pelayanan jasa yang paling banyakdikomentari oleh tamu. Metodologi dari penelitian ini adalah kuantitatif,metode daripenelitian ini adalah analisis isi kuantitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian iniadalah dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah opini mengenai Aston Bogor danNovotel Bogor dalam periode Januari hingga September 2013, jumlahpopulasi untuk NovotelBogor adalah 89 opini sedangkan untuk Aston Bogor adalah sebanyak 40 opini.Hasil penelitian untuk Aston Bogor dimensi bukti langsung jumlah opini bernada positifsebanyak 35 opini atau 87,5%, netral sebanyak 4 opini atau 10% dan negatif sebanyak 1 opiniatau 2,5%. Dimensi keandalan opini bernada positif sebanyak 20 opini atau 50%, netralsebanyak 19 opini atau 47,5% dan negatif sebanyak 1 opini atau 2,5%. Dimensi daya tanggapjumlah opini bernada positif sebanyak 16 opini atau 40%, netral sebanyak 15 opini atau37,5% dan negatif sebanyak 9 opini atau 22,5%. Dimensi jaminan opini bernada positifsebanyak 11 opini atau 27,5%, netral sebanyak 27 opini atau 67,5% dan negatif sebenyak 2opini atau 5%. Dimensi empati opini bernada positif sebanyak 3 opini atau 7,5%, netralsebanyak 34 opini atau 85% dan negatif sebanyak 3 opini atau 7,5%.Hasil penelitian untuk Novotel Bogor dimensi bukti langsung jumlah opini bernada positifsebanyak 87 opini atau 97,7%, netral sebanyak 1 opini atau 1,1% dan negatif sebanyak 1opini atau 1,1%. Dimensi keandalan opini bernada positif sebanyak 61 opini atau 68,5%,netral sebanyak 1 opini atau 1,1% dan negatif sebanyak 27 opini atau 30,3%. Dimensi dayatanggap jumlah opini bernada positif sebanyak 65 opini atau 73%, netral sebanyak 3 opiniatau 3,3% dan negatif sebanyak 21 opini atau 23,5%. Dimensi jaminan opini bernada positifsebanyak 60 opini atau 67,4%, netral sebanyak 4 opini atau 4,4% dannegatif sebanyak 25opini atau 28%. Dimensi empati opini bernada positif sebanyak 48 opini atau 53,9%, netralsebanyak 19 opini atau 21,3% dan negatif sebanyak 32 opini atau 35,9%.Setelah menganalisa opini positif dan negatif dimensi yang paling banyak mendapatkanopini positif baik untuk Aston Bogor dan Novotel Bogoradalah dimensi bukti langungsebanyak 35 opini atau 41,2% untuk Aston Bogor dan sebanyak 87 opini atau 27,1% untukNovotel Bogor. Dimensi yang paling banyak mendapat opini negatif untuk Novotel Bogoradalah dimensi empati sebanyak 32 opini atau 30,2% sedangkan dimensi yang paling banyakmendapatkan opini negatif untuk Aston Bogor adalah dimensi daya tanggap sebanyak 9 opiniatau 18,7%.

Kata Kunci: Opini, Novotel Bogor, Aston Bogor, Analisis Isi, Trip Advisor
Daftar Pustaka: 16 buku (2000-2009), 4 website
Ratu Sarah Sandriaty - Personal Name
210000236 - Ratu Sarah Sandriaty
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...