Analisis Pengaruh Strategi Generik Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi generik terhadap tingkat profitabilitas. Profitabilitas diukur dengan menggunakan margin laba bersih dan kelompok strategi yang dikelompokkan berdasarkan dengan pengukuran nilai tambah ekonomi untuk kelompok strategi keunggulan biaya, intensitas biaya iklan untuk kelompok strategi differensiasi, serta intensitas biaya penelitian dan pengembangan untuk kelompok strategi fokus. Jenis data penelitian merupakan data sekunder, yaitu data dari laporan keuangan perusahaan - perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 134 perusahaan yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Pada bagian analisis penelitian, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji analysis of variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profitabilitas yang dihasilkan dari perusahaan yang menerapkan strategi keunggulan biaya, differensiasi, dan fokus. Kelompok perusahaan yang menerapkan strategi generik memiliki profitabilitas yang identik dengan perusahaan yang menerapkan strategi lain, namun memiliki perbedaan profitabilitas secara signifikan pada kelompok perusahaan yang tidak memiliki strategi.
Kata kunci: Strategi generik, kelompok strategi, profitabilitas.
Daftar pustaka: 28 sumber dari tahun 1980 s.d tahun 2015.
Kata kunci: Strategi generik, kelompok strategi, profitabilitas.
Daftar pustaka: 28 sumber dari tahun 1980 s.d tahun 2015.
Cita Fitria - Personal Name
112108002 - Cita Fitria
Skripsi PMJ
Indonesia
Universitas Paramadina
2016
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...