Tahapan Aktivitas Komunikasi Pemasaran Masak.TV Melalui Jejaring Sosial 'Twitter'
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui Tahapan Aktivitas Komunikasi Pemasaran Masak.Tv Melalui Jejaring Sosial ‗Twitter‘. Metodologi: metodologi penelitiannya kualitatif. Metode penelitiannya adalah studi kasus. Sifat penelitiannya secara deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini mengulas strategi pemasaran Masak.TV menggunakan twitter. Key informan sebanyak 1 orang dan informan sebanyak 2 orang. Kedudukan peneliti sebagai pengamat dan peneliti tidak berperan serta langsung dalam kegiatan marketing. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan tinjauan pustaka. Teknik keabsahan data menggunakan analisis Triangulasi. Teknik analisis secara kualitatif. Hasil penelitian: tahapan aktivitas komunikasi pemasaran Masak.TV yang diterapkan rumah produksi BAGindo KPS Productions meliputi tiga belas langkah meliputi: pertama, membuat nama merek yang mudah diingat. Kedua, membangun dasar yang kuat dengan cara melengkapi identitas account profile Twitter. Ketiga, mulai menjadi follower Twitter pihak lain untuk memperoleh informasi terbaru dan berita masak memasak yang sedang trend. Keempat, setelah memperoleh informasi berita selanjutnya mulai berbicara (tweet). Kelima, pembicaraan (tweet) yang disampaikan berkualitas/berbicara yang cerdas. Keenam, arahkan tulisan ke website atau Youtube. Ketujuh, mulailah mengkoneksikan bisnis secara online agar menarik perhatian khalayak luas. Kedelapan, mendownload aplikasi Twitter di ponsel pribadi untuk memudahkan dalam memantau follower yang memberikan komentar atas berita di media Twitter. Kesembilan, melakukan share foto dan video tutorial masak memasak. Kesepuluh, menambahkan video Youtube pada Twitter @masaktv. Kesebelas, produser dan founder rumah produksi BAGindo KPS Productions membuat list grup untuk memudahkan conversation dengan berbagai pihak. Langkah kedua belas, rumah produksi BAGindo KPS Productions memperluas audiens dengan membuat hastags. Terakhir, langkah tiga belas yakni rumah produksi BAGindo KPS Productions mempergunakan fasilitas advanced search untuk memperoleh khalayak luas (follower terbaru) dan memperoleh pelanggan potensial. Simpulan: Tahapan Aktivitas Komunikasi Pemasaran Masak.TV melalui Jejaringan Sosial ‗Twitter‘ yakni menyampaikan pesan komunikasi yang berkualitas, mengkoneksikan video ke Youtube, melakukan share foto kegiatan Masak.TV., membuat hastags, dan mempergunakan fasilitas advanced search untuk memperoleh khalayak luas. Saran: Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian media sosial, sebaiknya penelitian lebih diarahkan kepada kuantitatif untuk memperoleh hasil data penelitian yang lebih akurat.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC, Media Sosial, Twitter
Daftar Pustaka : (15 Buku, 7 Jurnal, 1 Website) (2002 – 2013)
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC, Media Sosial, Twitter
Daftar Pustaka : (15 Buku, 7 Jurnal, 1 Website) (2002 – 2013)
Ratna Ayu Widari - Personal Name
209000189 - Ratna Ayu Widari
SKRIPSI
Skripsi IK
Indonesia
Universitas Paramadina
2015
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...