Strategi Public Relations ShoppingMagz dalam Membantu Kegiatan Promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place
Danya Hanita Sabatini/206000028
Strategi Public Relations Shoppingmagz Dalam Membantu Kegiatan Promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place Tujuan penelitian ini untuk mendapat gambaran tentang strategi public relations Shoppingmagz terkait dengan aktivitas Fact Finding, Planning, Communication, Evalluation dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan kepustakaan dari literatur yang ada untuk menelaah strategi public relations Shoppingmagz dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Metodologi yang digunakan adalah Deskriptif - Kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa beberapa implikasi dari penerapan Fact Finding, dimana Public Relations Shoppingmagz melakukan beberapa aktivitas berkaitan dengan proses fact finding dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place, diantaranya dengan melakukan listening research dengan menanggapi seluruh kebutuhan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place yang dapat diolah dan dituangkan di majalah online Shoppingmagz, yaitu dengan membiasakan diri untuk mendengar secara sistematik, terbuka dan simpatik mengenai seluruh keinginan dan keluhan klien. Setelah menemukan fakta dilapangan mengenai keinginan dan keluhan manajemen Hotel Ritz Carlton Pacific Place, maka semua hasil riset disusun secara sistematik, kemudian diinterpretasikan dan selanjutnya disampaikan kepada pihak internal Shoppingmagz untuk dikemas dalam membantu mempromosikan Hotel Ritz Calrton Pacific Place. Planning, Perencanaan yang dilakukan oleh Public Relations Shoppingmagz adalah untuk mencapai tujuan (goals & objectives) dari keinginan manajemen Hotel Ritz Carlton Pacific Place yang menggunakan media digital Shoppingmagz sebagai sarana promosi melaui penempatan iklannya. Susunan planning yang dilakukan oleh Public Relations Shoppingmagz, adalah sebagai berikut: Deskrispsi (latar belakang dan gambaran yang ada) mengenai seluruh informasi Hotel Ritz Carlton Pacific Place, mulai dari bentuk pelayanan, fasilitas, room rate, target market yang bisa dipromosikan oleh Shoppingmagz, menganalisa tujuan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place (jangka panjang dan jangka pendek). Communication, dengan memperhatikan beberapa faktor dalam komunikasi, adalah dengan melakukan teknik lobi terhadap klien yang akan dituju. Melihat karakteristik Shoppingmagz yang dapat menjangkau audience yang luas, menarik perhatian. Penilaian (Evaluation), adalah tahap terakhir setelah tahap-tahap penelitian, perencanaan dan penggiatan. Tujuan utama dari penilaian ialah untuk mengetahui apakah kegiatan Public Relations Shoppingmagz benar-benar dilaksanakan menurut rencana dan keinginan manajemen Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Tanpa penilaian, tidak akan diketahui sampai dimana kelancaran kegiatan Public Relations Shoppingmagz yang telah berlangsung dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Kesimpulan Public relations Shoppingmagz menerapkan strategi aktivitas komunikasi pemasarannya dengan mengaplikasi proses PR (Fact Finding, Planning, Communication, Evalluation). Dimana, Fact Finding melakukan listening research dengan mengumpulkan seluruh kebutuhan sebelum melaksanakan kegiatan atau tindakan. Planning, perencanaan yang dilakukan oleh Public Relations Shoppingmagz adalah untuk mencapai tujuan (goals & objectives). Communication adalah implementasi rencana. Dan yang terakhir Evaluation, memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana.
Kata kunci: Public Relations, Shoppingmagz, Media Digital dan Hotel Ritz Carlton Pacific Place
Daftar Pustaka: 26 buku (2002 – 2013), 3 Website
Strategi Public Relations Shoppingmagz Dalam Membantu Kegiatan Promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place Tujuan penelitian ini untuk mendapat gambaran tentang strategi public relations Shoppingmagz terkait dengan aktivitas Fact Finding, Planning, Communication, Evalluation dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan kepustakaan dari literatur yang ada untuk menelaah strategi public relations Shoppingmagz dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Metodologi yang digunakan adalah Deskriptif - Kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa beberapa implikasi dari penerapan Fact Finding, dimana Public Relations Shoppingmagz melakukan beberapa aktivitas berkaitan dengan proses fact finding dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place, diantaranya dengan melakukan listening research dengan menanggapi seluruh kebutuhan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place yang dapat diolah dan dituangkan di majalah online Shoppingmagz, yaitu dengan membiasakan diri untuk mendengar secara sistematik, terbuka dan simpatik mengenai seluruh keinginan dan keluhan klien. Setelah menemukan fakta dilapangan mengenai keinginan dan keluhan manajemen Hotel Ritz Carlton Pacific Place, maka semua hasil riset disusun secara sistematik, kemudian diinterpretasikan dan selanjutnya disampaikan kepada pihak internal Shoppingmagz untuk dikemas dalam membantu mempromosikan Hotel Ritz Calrton Pacific Place. Planning, Perencanaan yang dilakukan oleh Public Relations Shoppingmagz adalah untuk mencapai tujuan (goals & objectives) dari keinginan manajemen Hotel Ritz Carlton Pacific Place yang menggunakan media digital Shoppingmagz sebagai sarana promosi melaui penempatan iklannya. Susunan planning yang dilakukan oleh Public Relations Shoppingmagz, adalah sebagai berikut: Deskrispsi (latar belakang dan gambaran yang ada) mengenai seluruh informasi Hotel Ritz Carlton Pacific Place, mulai dari bentuk pelayanan, fasilitas, room rate, target market yang bisa dipromosikan oleh Shoppingmagz, menganalisa tujuan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place (jangka panjang dan jangka pendek). Communication, dengan memperhatikan beberapa faktor dalam komunikasi, adalah dengan melakukan teknik lobi terhadap klien yang akan dituju. Melihat karakteristik Shoppingmagz yang dapat menjangkau audience yang luas, menarik perhatian. Penilaian (Evaluation), adalah tahap terakhir setelah tahap-tahap penelitian, perencanaan dan penggiatan. Tujuan utama dari penilaian ialah untuk mengetahui apakah kegiatan Public Relations Shoppingmagz benar-benar dilaksanakan menurut rencana dan keinginan manajemen Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Tanpa penilaian, tidak akan diketahui sampai dimana kelancaran kegiatan Public Relations Shoppingmagz yang telah berlangsung dalam membantu kegiatan promosi Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Kesimpulan Public relations Shoppingmagz menerapkan strategi aktivitas komunikasi pemasarannya dengan mengaplikasi proses PR (Fact Finding, Planning, Communication, Evalluation). Dimana, Fact Finding melakukan listening research dengan mengumpulkan seluruh kebutuhan sebelum melaksanakan kegiatan atau tindakan. Planning, perencanaan yang dilakukan oleh Public Relations Shoppingmagz adalah untuk mencapai tujuan (goals & objectives). Communication adalah implementasi rencana. Dan yang terakhir Evaluation, memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana.
Kata kunci: Public Relations, Shoppingmagz, Media Digital dan Hotel Ritz Carlton Pacific Place
Daftar Pustaka: 26 buku (2002 – 2013), 3 Website
Danya Hanita Sabatini - Personal Name
206000028 - Danya Hanita Sabatini
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2016
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...