Strategi Pemasaran Apple Melalui Komunitas Id-mac (Studi Deskriptif Tentang Strategi The Community Approach)
Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran the community approach (consciousness of kind, shared rituals and traditions, a sense of moral responsibility) yang dilakukan Apple melalui komunitas id-mac.
Metodologi Penelitian: Kualitatif. Metode Penelitian: Observasi dan Wawancara
Hasil Penelitian: communitization komunitas id-mac ialah komunitas id-mac telah menjadi fasilitator bagi para pengguna produk Apple. The community approach komunitas id-mac adalah salah satu cara untuk mendekatkan sebuah merek atau produsen dengan para konsumen juga calon konsumennya, komunitas id-mac secara tidak langsung aktif mempromosikan produk-produk atau merek dari Apple inc. Consciousness of kind komunitas id-mac terbentuk karena adanya kesadaran akan sesama pengguna Apple, komunitas id-mac terbentuk karena adanya kesamaan interest. Shared rituals and traditions komunitas id-mac telah menjadi wadah bagi para pengguna produk Apple untuk saling berbagi informasi juga pengalaman penggunaan produk Apple, kegiatan berbagi informasi atau pengalaman menjadi bahasa untuk saling bercakap atau menyapa kepada sesame anggota komunitas id-mac. A sense of moral responsibility melalui komunitas id-mac tumbuh rasa untuk saling membantu kepada sesama anggota komunitas id-mac pada masing-masing individu anggota id-mac, melalui komunitas id-mac tumbuh rasa untuk menjaga keberlangsungan dari komunitas id-mac pada masing-masing anggota id-mac. Conversation dalam setiap komunikasi yang terjadi di dalam komunitas id-mac adalah merupakan percakapan, dalam setiap percakapan yang terjadi di dalam komunitas id-mac menghasilkan jawaban untuk kebenaran dan kebaikan bersama bagi anggota dan komunitas id-mac. Confirming dalam komunitas id-mac konfirmasi adalah salah satu bagian dari kegiatan komunitas id-mac, konfirmasi dilakukan melalui pertanyaan, jawaban, dan informasi yang dilakukan atau disampaikan oleh anggota komunitas id-mac melalui forum komunitas id-mac. Communal activation dalam komunitas id-mac para pengurus juga anggota berperan menjadi aktivis komunitas yang berperan mempromosikan produk Apple, para aktivis komunitas id-mac sangat dipercaya oleh para anggotanya, dalam komunitas id-mac terdapat aturan yang dibuat dan disepakati bersama.
Kesimpulan: Brand Apple inc menerapkan beberapa strategi untuk komunikasi pemasaran, yaitu strategi pemasaran marketing 3.0 (communitization) dengan baik melalui komunitas pengguna Apple id-mac yang menerapkan strategi pemasaran the community approach.
Saran: Apple inc lebih peduli kepada komunitas pengguna produknya yang menjadi ujung tombak pemasarannya, karena dengan berpromosi melalui komunitas jauh lebih efisien dalam hal biaya namun besar efeknya, selain meningkatkan loyalitas konsumen juga segmentasi lebih mudah dikarenakan target lebih spesifik. Perusahaan hanya tinggal menjadi fasilitator bagi konsumen.
Metodologi Penelitian: Kualitatif. Metode Penelitian: Observasi dan Wawancara
Hasil Penelitian: communitization komunitas id-mac ialah komunitas id-mac telah menjadi fasilitator bagi para pengguna produk Apple. The community approach komunitas id-mac adalah salah satu cara untuk mendekatkan sebuah merek atau produsen dengan para konsumen juga calon konsumennya, komunitas id-mac secara tidak langsung aktif mempromosikan produk-produk atau merek dari Apple inc. Consciousness of kind komunitas id-mac terbentuk karena adanya kesadaran akan sesama pengguna Apple, komunitas id-mac terbentuk karena adanya kesamaan interest. Shared rituals and traditions komunitas id-mac telah menjadi wadah bagi para pengguna produk Apple untuk saling berbagi informasi juga pengalaman penggunaan produk Apple, kegiatan berbagi informasi atau pengalaman menjadi bahasa untuk saling bercakap atau menyapa kepada sesame anggota komunitas id-mac. A sense of moral responsibility melalui komunitas id-mac tumbuh rasa untuk saling membantu kepada sesama anggota komunitas id-mac pada masing-masing individu anggota id-mac, melalui komunitas id-mac tumbuh rasa untuk menjaga keberlangsungan dari komunitas id-mac pada masing-masing anggota id-mac. Conversation dalam setiap komunikasi yang terjadi di dalam komunitas id-mac adalah merupakan percakapan, dalam setiap percakapan yang terjadi di dalam komunitas id-mac menghasilkan jawaban untuk kebenaran dan kebaikan bersama bagi anggota dan komunitas id-mac. Confirming dalam komunitas id-mac konfirmasi adalah salah satu bagian dari kegiatan komunitas id-mac, konfirmasi dilakukan melalui pertanyaan, jawaban, dan informasi yang dilakukan atau disampaikan oleh anggota komunitas id-mac melalui forum komunitas id-mac. Communal activation dalam komunitas id-mac para pengurus juga anggota berperan menjadi aktivis komunitas yang berperan mempromosikan produk Apple, para aktivis komunitas id-mac sangat dipercaya oleh para anggotanya, dalam komunitas id-mac terdapat aturan yang dibuat dan disepakati bersama.
Kesimpulan: Brand Apple inc menerapkan beberapa strategi untuk komunikasi pemasaran, yaitu strategi pemasaran marketing 3.0 (communitization) dengan baik melalui komunitas pengguna Apple id-mac yang menerapkan strategi pemasaran the community approach.
Saran: Apple inc lebih peduli kepada komunitas pengguna produknya yang menjadi ujung tombak pemasarannya, karena dengan berpromosi melalui komunitas jauh lebih efisien dalam hal biaya namun besar efeknya, selain meningkatkan loyalitas konsumen juga segmentasi lebih mudah dikarenakan target lebih spesifik. Perusahaan hanya tinggal menjadi fasilitator bagi konsumen.
Dimas Radityo Sudarsono - Personal Name
205000064 - Dimas Radityo Sudarsono
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...