Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa Universitas Paramadina yang Berkuliah Lebih dari Delapan Semester
Mahasiswa yang berkuliah lebih dari delapan semester memiliki berbagai macam permasalahan akademik. Perencanaan-perencanaan di awal mereka kuliah, dalam pelaksanaannya banyak mengalami hambatan. Masa perkuliahan yang seharusnya diselesaikan dalam jangka waktu maksimal delapan semester tidak berjalan dengan baik. Permasalahan-permasalahan akademik muncul dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. Disini kecerdasan emosional sangat dibutuhkan untuk menyikapi berbagai macam permasalahan akademik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana gambaran kecerdasan emosional mahasiswa Universitas Paramadina di atas semester delapan.
Teori kecerdasan emosional yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pemikiran Daniel Goleman (2003) yang terdiri dari empat aspek, yaitu: self awareness (kesadaran diri), self management (pengelolaan diri), social awareness (kesadaran sosial), dan relationship management (mengelola hubungan). Keempat aspek kecerdasan emosional itu dijadikan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini terbagi dalam dua, yaitu field study terdiri dari 30 responden, sedanglan pilot study terdiri dari 50 responden. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif yang diolah dengan menggunakan SPSS 17.0
Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran kecerdasan emosional mahasiswa Universitas Paramadina di atas delapan semester memiliki mean sebesar 75. Sebanyak 29 (58%) responden memiliki kategori EQ tinggi, sedangkan 21 (42%) responden memiliki kategori EQ rendah. Dimensi self awareness mahasiswa berada pada kategori sedang, dengan presentase sebesar 98% responden, self management berkategori sedang, dengan presentase sebesar 92%, dimensi social management berkategori tinggi dengan presentase 90% responden, dan dimensi relationship management berkategori rendah, dengan presentase sebesar 54% responden.
Kata Kunci : Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa
Daftar Pustaka : (39 Pustaka) (1983 s/d 2012)
Teori kecerdasan emosional yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pemikiran Daniel Goleman (2003) yang terdiri dari empat aspek, yaitu: self awareness (kesadaran diri), self management (pengelolaan diri), social awareness (kesadaran sosial), dan relationship management (mengelola hubungan). Keempat aspek kecerdasan emosional itu dijadikan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini terbagi dalam dua, yaitu field study terdiri dari 30 responden, sedanglan pilot study terdiri dari 50 responden. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif yang diolah dengan menggunakan SPSS 17.0
Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran kecerdasan emosional mahasiswa Universitas Paramadina di atas delapan semester memiliki mean sebesar 75. Sebanyak 29 (58%) responden memiliki kategori EQ tinggi, sedangkan 21 (42%) responden memiliki kategori EQ rendah. Dimensi self awareness mahasiswa berada pada kategori sedang, dengan presentase sebesar 98% responden, self management berkategori sedang, dengan presentase sebesar 92%, dimensi social management berkategori tinggi dengan presentase 90% responden, dan dimensi relationship management berkategori rendah, dengan presentase sebesar 54% responden.
Kata Kunci : Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa
Daftar Pustaka : (39 Pustaka) (1983 s/d 2012)
Ratna Dilla Syam - Personal Name
205000327 - Ratna Dilla Syam
SKRIPSI PSI
Skripsi PSI
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...