Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Kreatif Soft News Magazine di Antv: Studi Deskriptif Program New Friends

Tujuan Penelitian untuk mengetahui proses kreatif dalam program New Friends yang meliputi tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi yang dilakukan tim kreatif New Friends. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif, data yang dikumpulkan tidak berbentuk angka, tetapi dalam bentuk kalimat danpernyataan. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi yaitu magang selama dua bulan dan data-data dokumen program New Friends. Hasil penelitianditemukan bahwa dari empat poin teori yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi tidaklah sepenuhnya sama dan ideal dengan praktik yang dilakukan oleh tim produksi program New Friends. Perubahan ide yang ada dapat berasal dari spontanitas, sekedar uji coba ataupun kritik dan saran yang masuk kedalam tim program New Friends dapat membuat program tersebut memiliki rating yang lebih baik. Kesimpulan dengan adanya konsep baru pada program New Friends yang diiringi oleh tahapan proses kreatif program New Friends membawakan hasil yang baik. Dimana pada saat ini penonton lebih aware terhadap acara New Friends dan rating yang ada meningkat dibandingkan dengan program Friends sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa tahap proses kreatif yang ada dalam membuat satu program tidaklah mutlak harus sama sesuai dengan teori yang ada. Hal ini bersifat fleksibeldisesuaikan dengan situasi dan kondisi terjadi di lapangan. Saran untuk tema yang akan dibawakan dalam diprogram New Friendssetiap harinya harusnya lebih bervariatif lagi di setiap segmennya, tidak hanya tema yang berfokuskan kepada wanita saja. Tetapi sasaran penonton yang ada dapat lebih diperluas kepada remaja lelaki atau lelaki dewasa. Selain itu harus adanya space atau pemberian waktu yang cukup untuk proses pengembangan ide pada tim atau tahap inkubasi. Dan juga tim kreatif yang dimiliki haruslah memiliki nilai kreativitas yang tinggi agar pada saat penemuan ide atau tahap iluminasi yang terjadi dapat berasal dari diri tim kreatif itu sendiri.

Kata Kunci: Proses kreatif, Strategi kreatif program tv, Soft News, News Magazine, ANTV, New Friends.
Daftar Pustaka : 20 Buku (1983-2012), 1 Website, 2 dokumen internal ANTV
Aprilyani Astuti - Personal Name
209000106 - Aprilyani Astuti
SKRIPSI IKOM
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2013
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...