Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Media Relations Public Relations PT. Lippo Cikarang, TBK

Keberadaaan Public Relations di suatu perusahaan dituntut untuk membentuk citra yang positif. Dalam membentuk citra positif tersebut seorang Public Relations harus menjalin hubungan dengan dengan media massa. Dalam implementasinya, berhubungan dengan wartawan membutuhkan strategi dan trik yang harus diterapkan oleh agar terjadi hubungan antara keduanya yang sama-sama saling menguntungkan. Unit analisis dalam penelitian ini adalahPublic RelationsPT Lippo Cikarang, Tbk.Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis strategi Public RelationsPT Lippo Cikarang, Tbk yang telah dilakukan khususnya dalam menjaga hubungan baik dengan wartawan serta kaitannya dengan aspek-aspek apa saja yang menjadi pertimbanganPublic RelationsPT Lippo Cikarang Tbk ketika menyusun strategi. Landasan teoritis yang digunakan adalah strategi perencanaan PR yang dikenal dengan the Nine Steps of Strategic Public Relations.Dalam langkah perencanaan strategi tersebut terdiri dari empat tahap yang harus dilakukan, antara lain : Formative Research, Strategy, Tactics, Evaluative Research.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta unit analisis yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan indept interview, observasi dan dokumentasi dari kegiatan Public RelationsPT Lippo Cikarang Tbk berhubungan dengan wartawan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisa interaktif (interactive model of analysis) model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifying conclusions). Hasil penelitian menunjukkan membina hubungan baik antara wartawan lokal dan nasional ternyata ada perbedaan pelayanan. Hal itu dikarenakan kebijakan redaksi antara media lokal dan nasional yang cenderung berbeda. Dalam implementasi kinerjanya, Public RelationsPT Lippo Cikarang, Tbk cenderung lebih melayani wartawan dari media nasional dibandingkan wartawan dari media lokal. Namun demikian, pemuatan berita mengenai Lippo Cikarang di media dapat melebihi target yang ditentukan, yakni lebih dari 80 %. Hal itu dikarenakan pemberian fasilitas dan kemudahan mendapatkan informasi yang diberikan oleh Public RelationsLippo Cikarang kepada wartawan.

Kata Kunci: media relations, public relations, strategi public relations.
Tatik Yuniarti - Personal Name
210121007 - Tatik Yuniarti
TESIS PGSC - CORPORATE
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2011
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...