Analisis Strategi Komunikasi Perbankan Menghadapi Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) Dalam Memberikan Solusi Finansial di Pasca Pandemi (Studi Kasus: Customer Relationship Management PT. Bank Rakyat Indonesia)
Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi komunikasi bank BRI di era VUCA dalam memberikan solusi finansial di pasca pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan serta langkah yang efektif dilakukan Customer Relationship Manager (CRM) dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan/atau kegagalan BRI Cab.Gatot Subroto dan Cab. Pondok Gede dalam memberikan solusi finansial yang dibutuhkan nasabah khususnya di pasca pandemi dengan mengandalkan teknologi digital dengan menggunakan teori komunikasi dua arah. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan (4) empat CRM Bank BRI. Dengan Hasil penelitian strategi Dalam menghadapi era VUCA dan memberikan solusi finansial di masa pasca pandemi, strategi komunikasi yang dilakukan CRM bank BRI fleksibel, responsif, dan berfokus pada kebutuhan nasabah. Strategi marketing mix yang dilakukan CRM bank di pasca pandemi adalah cendrung memakai pendekatan direct marketing atau personal selling. CRM bank BRI juga memanfaatkan teknologi, seperti pesan teks, email, atau media sosial. Dari penelitian yang dilakukan internet (Cash Management System) dan mobile banking (Brimo) merupakan aplikasi unggulan dari BRI dalam memberikan solusi dan kemudahan dalam bertransaksi finansial.
Kata kunci: komunikasi dua arah, IMC, Customer Relationship Management (CRM), VUCA
menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan serta langkah yang efektif dilakukan Customer Relationship Manager (CRM) dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan/atau kegagalan BRI Cab.Gatot Subroto dan Cab. Pondok Gede dalam memberikan solusi finansial yang dibutuhkan nasabah khususnya di pasca pandemi dengan mengandalkan teknologi digital dengan menggunakan teori komunikasi dua arah. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan (4) empat CRM Bank BRI. Dengan Hasil penelitian strategi Dalam menghadapi era VUCA dan memberikan solusi finansial di masa pasca pandemi, strategi komunikasi yang dilakukan CRM bank BRI fleksibel, responsif, dan berfokus pada kebutuhan nasabah. Strategi marketing mix yang dilakukan CRM bank di pasca pandemi adalah cendrung memakai pendekatan direct marketing atau personal selling. CRM bank BRI juga memanfaatkan teknologi, seperti pesan teks, email, atau media sosial. Dari penelitian yang dilakukan internet (Cash Management System) dan mobile banking (Brimo) merupakan aplikasi unggulan dari BRI dalam memberikan solusi dan kemudahan dalam bertransaksi finansial.
Kata kunci: komunikasi dua arah, IMC, Customer Relationship Management (CRM), VUCA
Nurmalia - Personal Name
220121053 - Nurmalia
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...