Rancang Bangun Permainan Edukasi Bahasa Isyarat “Tebak Kosa Isyarat” Dengan Metode Game Development Life Cycle
Universitas Paramadina memiliki kebijakan untuk mengimplementasikan pendidikan yang inklusif berdasarkan No.SK-009/REK/UPM/II/2022. Melalui, kebijakan tersebut Universitas Paramadina juga menerima Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (MBK) dan memandang bahwa pendidikan hak seluruh warga negara termasuk penyandang disabilitas. Akan tetapi, hingga saat ini Universitas Paramadina belum sepenuhnya siap untuk menerapkan kebijakan tersebut dan memberikan layanan yang baik sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satu alasannya adalah karena adanya keterbatasan civitas akademika dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan mahasiswa berkebutuhan khusus. Selain itu, minimnya pengetahuan mereka mengenai bahasa isyarat menyebabkan penerimaan mahasiswa berkebutuhan khusus kurang maksimal, termasuk bagi mahasiswa yang berkategorikan tunarungu. Dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran bahasa isyarat yang dapat digunakan dosen, tendik, dan mahasiswa Universitas Paramadina untuk berkomunikasi dengan mahasiswa berkebutuhan khusus. Dalam penelitian ini, dikembangkan aplikasi permainan edukasi “TEKI” sebagai solusi bagi civitas akademika Universitas Paramadina. Aplikasi tersebut dikemas dalam bentuk permainan kuis pilihan ganda yang bergenre trivia dan berbasis mobile yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan terkait bahasa isyarat berdasarkan standar kamus BISINDO. Untuk menyelesaikan aplikasi dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan memanfaatkan metode Game Development Life Cycle yang memiliki tahapan initiation, pre production, production, beta testing dan release. Untuk memudahkan proses pengembangannya digunakan Unity Engine dengan bahasa C# dan database lokal dengan mongodb. Aplikasi yang dihasilkan dalam penelitian ini diuji fungsionalitasnya dengan metode blackbox dan hasilnya menunjukkan bahwa seluruh fitur dan fungsi dapat berjalan dengan optimal. Selain itu, untuk menguji tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi tersebut digunakan kuesioner pengujian dan hasilnya menunjukkan rata-rata pengguna menerima dan puas dengan persentase sebesar 88%. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa aplikasi “TEKI” dapat menjadi opsi bagi civitas akademika Universitas Paramadina untuk belajar bahasa isyarat.
Kata Kunci: Aplikasi Permainan Edukasi, GDLC, Unity, MBK.
Kata Kunci: Aplikasi Permainan Edukasi, GDLC, Unity, MBK.
Ahmad Muaz - Personal Name
119103051 - Ahmad Muaz
Skripsi TI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...